PERAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MASA PANDEMI COVID-19 DARI SEGI PEMANFAATAN GAWAI
Abstract
Abstrak
Â
Transformasi pendidikan pada saat wabah covid-19 menghendaki siswa belajar dari rumah. Sarana pembelajaran yang ramah pakai berupa gawai. Data yang diperoleh dari pengamatan fenomena tingkah laku peserta didik saat belajar daring menggunakan gawai adalah kecenderungan menggunakan gawai berlama-lama bukan selalu untuk belajar, tetapi bermain game atau media sosial. Penanaman nilai karakter terus ditingkatkantkan yakni nilai religius, nilai nasionalis, kemandirian, bergotong royong, dan berintegritas. Pemanfaatan gawai dalam pembelajaran memiliki dampak positif menjadi media hiburan atau relaksasi dalam belajar, meningkatkan kemudahan akses pengetahuan, meningkatkan kenyamanan dalam belajar, tersedianya teknologi pendidikan yang lebih canggih, membantu ketajaman kemampuan mengingat peserta didik, dan meningkatkan kemampuan dalam mengatur waktu. Peran guru berhubungan dengan sarana pembelajaran berupa gawai adalah mengarahkan agar peserta didik menggunakan gawai hanya sesuai dengan kebutuhan belajar saja, menjelaskan konten yang bermanfaat, menjelaskan dampak positif dan negatif dari menggunakan gawai, dan menanamkam-menguatkan nilai karakter kepada peserta didik dengan pengarahan, nasihat, dan teladan. Peran besar guru dalam Penguatan pendidikan Karakter perlu dukungan orang tua peserta didik dan stakeholder.
Â
Kata kunci: Peran guru, Penguatan Pendidikan Karakter, manfaat gawai, masa pandemi covid-19.
Â
Abstract
Â
The transformation of education during the Covid-19 pandemic requires students to learn from home. A friendly learning facility in the form of a device. Data were obtained from observations of phenomena behavior of students when learning online using the device is a tendency to use devices linger not always to learn, but to play games or social media. The main character's values continue to be strengthened, namely religious, independent nationalist, mutual cooperation, and integrity. The use of devices in learning has a positive impact be a medium of entertainment or relaxation in learning, increase the ease of access to knowledge, increase comfort in learning, the availability of more sophisticated educational technology, help the sharpness of the ability to remember students, and increase the ability to manage time. A roles of the teachers are related for learning tools in this form to devices, namely directing students to use devices only according to their learning needs, explaining useful content, explaining the positive and negative effects of using devices, and strengthening character values to students with direction, advice, and role model. The big roles for teacher of strengthenings characcter educations needs the support to parent of student then stakeholders.
Â
Keywords: Â Â A roles from teacher, Strengthenings Characters Educations, the benefits for devices, the Covid-19 pandemic.
References
Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara C. R. (2020). Minda Guru Indonesia. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Hendarman, Saryono, D., & Supriyono. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.
Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Rosdakarya.
Laksono, R. (2014). Manfaat Gadget dalam E Learning di Lingkungan Sekolah . E-Jurnal. Unisda, 52-58.
Mistar, J., & Sunyoto K. H. (2020). Sketsa Pelangi Pendidikan Karakter. Malang: Intelegensia Media.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Pendidikan Karakter, Konsep dan Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulhan, N. (2010). Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya: PT Jepe Press Media Utama.
Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.