PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 CHARACTER EDUCATION IN NETWORK LEARNING IN THE COVID-19 PANDEMIC

Authors

  • Rusnaini Rusnaini Universitas PGRI Palembang
  • Yanti Yosipita Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstrak

 

Pendidikanxkarakterxmerupakanxbentuk kegiatanxmanusia yangxdi dalamnyaxterdapat suatu tindakan yangxmendidik diperuntukkanxbagixgenerasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuklmembentuk penyempurnaan dirixindividu secaraxterus-menerus danxmelatih kemampuanxdiri demixmenuju kearahxhidup yangxlebihxbaik. Pembelajaran daring tidakldilakukan denganltatap muka,vsehingga menjadixltantangan guruxldalam prosesxlpendidikanxlkarakter tersebut, darixsisi lainxakan memberikanxkesempatan bagixpeserta didikxdalam mengaktualisasikanxnilai karakter yang adaxpada dirinyaxdi mataxmasyarakat dalamlupaya keikutsertaanlpencegahan dan penanggulangan Covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dimana untuk mengmbanrakan mengenai pendidikanxkarakterxvyang dilakukanxlketika pembelajaran masih berlangsung denganxmetode daringxpada SMPxdengan menerapkanxstrategixpendidikan karakter multiplle intelligences berbasis portofolio.

 

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

 

Abstract

 

Character education is a form of human activity in which there is an educational action intended for the next generation. The purpose of character education is to shape individual self-improvement continuously and train one's abilities towards a better life. Dominant learning is not carried out face-to-face, so it becomes a challenge for teachers in the character education process, on the other hand it will provide opportunities for students to actualize character values in society in an effort to participate in the prevention and control of Covid-19. This research is a qualitative descriptive study with literature that attempts to provide a solution to how character education is carried out when learning is still ongoing using the online method in junior high schools. The strategy offered in this study is a portfolio-based multiple intelligences character education strategy

 

Keywords:   Character Education, Online Learning

References

Akin, Terrrrri.,ldkk. (1995). xCharacter EducationxvinxvAmerica’sx School. Califrornia InnerchoicelPublishing.

Kementrianxpendidikan danxkebudayaan. (2020). Suratxedaranxnox4. Tahun 2020. Tentanglpelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masaxdarurat penyebaran corona virusxdisease (covid- 1 9)

Kementrianlpendidikan danxkebudayaan. (2020). Surat edaran sekretaris jendral no. 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran corona yirus d/sease (covid-19)

Kertih. I. W. (2014). PendidikanxBudaya dan Karakter Bangsa Melalui Integrasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Komalasari, K. (2010).xPembelajaran Kontekstual.vBandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santika,fI.fG.fN.,fSujana,fG., &xWinaya., M. xA. x (2019). xMembangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Reflekssssi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis.

Sardiman.v(2011). Interaksix&xMotivasi Belajarlengajar.jakarta: rajawalilPers

Supriadi, A. (1997) KemampuanxGuru Memanfaakan Asesmen Portofolio Dalam Mningkatkan Muutu Belajar Pendidikan IPS Di Sekolah Dasar. Bandung: UPI

Suryadi. (2002). Memahamix ‘lifexskills’. MediafIndonesia (14fPebruarif2002)

Somantri, xM.N. (2001). xMenggagas PeembharuanvPendidikan vIPS. Bandung: PT. RemajaxRosdakarya.

Mulyasa, xE. (2014). Pengembanganxdan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PTxRemajaxRosdakarya

Terry, xL. AndxRon, xT. (2007). xValues eeducationvxandvvQuality Theaching: ThelDoublelHelix Effect. David BarlowxPublisingxAustralia.

Undang-UndangxxvRepublikxxIndonesia Nomorxv20 Tahunx2003xTentang Sistem PendidikanxNasional.

Wahab, xA. xA. (2001). xRekonstruksi kurikulumxPMPKN. Jurnalxcivicus (1). Bandung.lJurusanlPMPKN. lUPI

Wahyuni, D. E. dan Sitti Aliffatul Hasanah. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan lokal Pembentuk Karakter Bangsa. FKIP e-PROCEEDING,19 (24), 2527-5917. Available at: . Date accessed: 27 july 2020

Winataputra, xU. xS. (2001). JatixDiri PendidikanxKewarganegaraan sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Winaya, xA. xM. (2020). xPembelajaran Daring sebagai ‘Neew Normal’ Sekolah di masa Pandemi Webinar Nasional. Program Studi pendidikan Sekolah Dasar Universitas dwijendra, 19 Juni 2020, Denpasar

Zuchdi, dkk. (2010). “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar,â€. CakrawalaxPendidikan. 1 (3).

Downloads

Published

2021-05-17