PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Abstract
Abstrak
Â
Kajian ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan Pendidikan karakter pada masa pembelajaran jarak jauh dengan kondisi pandemi Covid-19 serta strategi yang digunakan. Kajian ini dilakukan berdasarkan pendapat para orang tua atau wali siswa berupa angket dan literatur yang relevan. Berdasarkan kajian, pendidikan karakter adalah proses pendidikan yang menanamkan nilai-nilai karakter pada dimensi moral dengan ranah sosial dalam kehidupan peserta didik sehingga terbentuk generasi yang berkualitas, mandiri dan memiliki prinsip kebenaran sehingga menjadi manusia insan kamil. Hasil kajian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter dapat terlaksana jika ada kerjasama antara orang tua atau wali siswa, guru, dan sekolah. Orang tua sebagai pendidik pertama bagi siswa mempunyai peran besar terutama masa pandemi dimana siswa melakukan PJJ dengan Belajar Dari Rumah (BDR). Pengembangan karakter siswa dapat dilakukan dengan cara selalu memantau sikap dan perilaku dengan bantuan orang tua berupa nilai karakter agama, Pancasila, dan budaya. Demikian diharapkan siswa memiliki karakter kepribadian yang baik, tidak hanya cerdas di ilmu pengetahuan. Selain itu, masa pandemi ininmelalui PJJ bukan merupakan halangan para guru untuk menciptakan generasi muda yang handal, berbudi luhur dan memiliki tata nilai serta karakter yang baik.
Â
Kata kunci: pendidikan, karakter, pembelajaran jarak jauh.
Â
Abstract
Â
This study aims toxdescribe thexdevelopment of character education during distancellearning withlthe conditionslof thelCovid-19 pandemicland thelstrategies used. Thislstudy waslconductedlbasedlonlthe opinionsxof the students' parents or guardians inxthexform of questionnaires and relevant literature. Basedxon thexstudy, character education is an educational process that instills character values in the moral dimension with the social realm in the lives of students so that a quality, independent and righteous generation is formed so that they become human beings. The results of the study show that character education can be carried out if there is collaboration between parents or guardians of students, teachers, and schools. Parents as the first educators for students have a big role, especially during the pandemic where students do PJJ by Learning From Home (BDR). Student character development can be done by always monitoring attitudes and behavior with the help of parents in the form of religious character values, Pancasila, and culture. Thus it is expected that students have good personality traits, not only intelligent in science. In addition, this pandemic period through PJJ is not an obstacle for teachers to create young generations who are reliable, virtuous and have good values and character.
Â
Keywords: Â Â education, character, distance learningReferences
Arifin. 2003. MemahamixParadigmaxBaru Pendidikan Nasional dalam Undangundang Sisdiknak. Catatan ketiga. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam.
Arikunto, Suhasimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamid, Hasan Said,dkk. 2010. Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsaâ€, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas.
Latipun. 2004. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.
Lickona, Thomas. 1992. Educatingxfor character, Howxaour schoolsxcanxteach respectlandlresponsibility. Bantam Books. NewxYork.
Musanna, Al. 2017. Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis PendidikanxKixHadjarxDewantara. Jurnal PendidikanxdanxvKebudayaan, Vol. 2, Nomorx1, Junix2017xppx117-133.
Prasetyo, A. danxRivasintha, E. 2013. Konsep, Urgensi, dan Ilmpelemtasi Pendidikan Karakter di Sekolah. [Online] Tersedia: http://edukasi.kompasiana.com. [2 Januari 2021]
PeraturanxMenterixPendidikanldanxKebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud. 2016. PeraturanxvMenteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Raharjo, SabarxBudi. 2010. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 16, No. 3, Mei 2010 hlm 229-238.
Sindhunata. 2001. Pendidikan: Kegelisahan SepanjangxZaman. Yogyakarta: Kanisius.
Tilaar, H.A.R. 2012. Kaleidoskop Pendidikan Nasional. Jakarta: Gramedia. Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1950 tentang Dasar-Dasar Pendidikan dan Pengajaran di Sekolah
Undang-UndangxPerlindunganlAnak, No. 23 Th. 2002.
Undang-UndangxNomorx4 Tahunx1950 pasalx3 tentangxvDasar-DasarxPendidikan dan PengajaranxdixSekolah.