MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Dewi Marlina SMP Negeri 2 Babat Supat
  • Fornita Sari SMP Negeri I Plakat Tinggi
  • Ismiati Ismiati SMK Negeri 2 Prabumulih

Abstract

Abstrak

 

Dalam usaha menekan penularan virus covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan pelaksanaan school from home atau pembelajaran dilakukan dari rumah melalui sistem online. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan kajian literatur tentang strategi yang bisa dilakukan oleh tenaga pendidik untuk membangkitkan kembali motivasi dan semangat belajar peserta didik pada pembelajaran dalam jaringan (Daring) di masa Pandemi Covid 19. Motivasi belajar adalah dorongan atau daya penggerak yang ada dalam diri peserta didik untuk dapat mengikuti proses pembelajaran  dengan optimal. Pada pembelajaran sistem online dilakukan menggunakan bantuan teknologi informasi dan jaringan internet. Hal ini mengakibatkan pembelajaran jarak jauh mempengaruhi motivasi belajar siswa. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dapat dilakukan diantaranya: 1)Dengan metode publikasi; 2) Menjalin komunikasi persuasif; 3) Meningkatkan kualitas guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; 4) Memilih metode pembelajaran yang tepat; 5) Memaksimalkan fasilitas pembelajaran; 6) Memanfaatkan penggunaan media; 7) Melakukan evaluasi pembelajaran.

 

Kata kunci: covid-19, motivasi, pembelajaran jarak jauh

 

Abstract

 

In an effort to suppress the transmission of the covid-19 virus, the government issued a policy of implementing school from home or learning to be carried out from home through an online system. This article aims to present a literature review on efforts to increase student motivation in distance learning during the Covid 19 pandemic. Motivation to learn is the motivation that students have to be able to participate in the learning process optimally. In online system learning is carried out using the help of information technology and internet networks. This results in distance learning affecting student learning motivation. To increase student motivation, it can be done, among others: 1) by using the method of publication; 2) establish persuasive communication; 3) improve the quality of teachers to improve the quality of learning; 4) choosing the right learning method; 5) maximizing learning facilities; 6) make use of the media; 7) conduct learning evaluation.

 

Keywords: covid-19, motivation, distance learning

 

References

Barata, A. A. (2003). Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media.

Dimyati, dan Mudjiyono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373-384.

Ferismayanti. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19,

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rajawali Press.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mujiman, H. (2007). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, I. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh berbasis Digital Class Platform Edmodo.

Rakhmad, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok:PT. RajaGrafindo Persada

Sekaran, U. (2003). Research Methods For Business, 4th Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Siregar, E. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Suryaningsih, A. (2020). Peningkatan motivasi belajar siswa secara online pada pelajaran animasi 2D melalui strategi komunikasi persuasif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 9-15.

Uno, H.B. (2013). Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan.. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Uno, H.B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yerusalem, M. R., & dkk. (2020). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vol 3 No. 4 (2015). https: //jtsiskom.undip.ac.id/index. php/ jtsiskom /article/view/ 12668 DOI: https ://doi.org/10.14710/ jtsiskom.3.4.2015.481-492

Downloads

Published

2021-05-17