STRATEGI GURU MEMBENTUK KARAKTER POSITIF PADA SISWA DI TK PARAMOUNT SCHOOL

Authors

  • Ike Aprillina ikeaprillina@gmail.com
  • Arie Fridayanti TK Paramount School

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini untuk mendeskripsikan karakter siswa di sekolah dan strategi guru dalam membentuk karakter positif pada siswa di TK Paramount School. Kualitatif adalah metode yang digunakan pada penelitian ini, data diperoleh dengan teknik triangulasi yaitu: dokumentasi (foto-foto), wawancara, dan observasi (pengamatan). Hasil penelitian ini mengungkap dua temuan: (1) Bagaimana bentuk karakter siswa, dan (2) Strategi apa yang digunakan guru untuk membentuk karakter positif di sekolah. Dapat disimpulkan bahwa terdapat bermacam-macam karakter siswa dan kegiatan belajar dengan cara mendongeng serta metode ceramah oleh guru lebih sering diterapkan oleh guru di sekolah sebagai salah satu strategi pembentukan karakter positif pada siswa. Semua elemen baik keluarga maupun sekolah harus bekerja sama dan selalu konsisten memberikan teladan bagi siswa sehingga siswa memiliki karakter yang positif.

 

Kata kunci: Strategi, Karakter Positif, Siswa Taman Kanak-kanak

 

Abstract

 

This study describes about the character of students in school and teachers’ the strategies in forming positive characters in students at Paramount School Kindergarten. This research used qualitative method, and the data collection obtained by triangulation techniques with the techniques: documentation (photos), interviews, and observations. This study reveals two findings: (1) What are the forms of student character, and (2) What strategies do teachers use to form positive characters in school. This study can be concluded that there are various kinds of student characters and storytelling activities and lecture methods are more often applied by teachers in schools as a strategy to form positive characters in students. All elements, both family and school must work together and always consistently provide role models for students so that students have a positive character.

 

Keywords: Strategy, Positive Character, Kindergarten Students

References

Ameliana, A. (2018). Pentingnya Menanam Karakter Positif Sejak Dini. https://www.kompasiana.com/atikaameliana/5c0ef51212ae945768777d43/pentingnya-menanam-karakter-positif-sejak-dini. Diunduh 3 Januari 2021.

Anggito, A. dan Johan S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi. CV. Jejak.

Anggraini, R. (2015). Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Menurut

Kurikulum 2013 Di Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ngadirejo Tesis, hal xviii-xix. Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/5386/1/11140027.pdf (diunduh tanggal 3 Januari 2021)

Apriliani, N. M. P., (2016). Mengembangkan Karakter Positif Anak. https://www.researchgate.net/publication/315099584_MENGEMBANGKAN_KARAKTER_POSITIF_ANAK. Diakses pada tanggal 3 Januari 2021.

Hamzah, Nur. (2015). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak. IAIN Pontianak Press.

Izzan, Ahmad dkk. (2012). Membangun Guru Berkarakter Bandung. Perpustakaan Nasional Katalog dalam Terbitan (KDT)

Pamujiningtyas, Kartika. (2020). Cara Menanamkan Karakter Positif pada Anak. https://kumparan.com/kumparanmom/cara-menanamkan-karakter-positif-pada-anak-1t6jfwXED4K/full.Diunduh1Januari 2020

Prasetyo, Bambang D. dan Nufian S. Febriani. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Malang. UB Press

Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta. Grasindo

Rahmat, Pupu S. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya. Scofindo Media Pustaka

Sudrajat, Akhmad. (2010). Apa Pendidikan KarakterItu?. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/09/15/konsep-pendidikan- karakter/.1 Januari 2021

Suwartini, Sri. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal. Diunduh 3 Januari 2021.

Umrati dan Hengki W. (2020). Analisis Data Kualitatif; Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

UU RI Nomor 14 Tahun 2005. (2005). Tentang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta

Zahraini, A. (2015). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum. Lamongan. Universitas Islam Darul Ulum.

Downloads

Published

2021-05-18