KAJIAN PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS ZOOM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak
Pembelajaran online sangat marak dilakukan akhir-akhir ini karena terjadinya pandemi covid-19. Pandemi covid-19 mengharuskan kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah, salah satu cara yang digunakan guru dan siswa untuk mendukung kegiatan belajar mengajar adalah dengan menggunakan aplikasi Zoom. Makalah ini bertujuan untuk membahas teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran online khususnya Zoom bagi siswa sekolah menengah pertama sebagai langkah awal dalam melaksanakan pembelajaran online berbasis Zoom. Pembelajaran online berbasis Zoom sesungguhnya memberikan banyak kesempatan bagi siswa untuk lebih mandiri dan mengenal cara belajar seperti apa yang lebih cocok untuk mereka. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran online berbasis zoom masih terdapat banyak kendala dan kekurangan yang perlu di benahi dan dicarikan solusi, agar pembelajaran online berbasis zoom lebih efektif dan dapat menjadi cara belajar alternative yang ampuh bagi siswa. Hasil dari kajian ini diharapkan memberikan referensi dan landasan bagi peneliti, guru maupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran online berbasis zoom.
Kata kunci: pembelajaran online, zoom, covid-19
Â
Abstract
Â
Online learning has been very prevalent recently due to the Covid-19 pandemic. The Covid-19 pandemic requires teaching and learning activities to be carried out at home, one of the ways that teachers and students support teaching and learning activities is by using the Zoom application. This paper aims to discuss the theories that related to online learning especially Zoom toward junior high school students as a first step in implementing Zoom-based online learning. Zoom-based online learning actually provides many opportunities for students to be more independent and get to know what kind of learning is more suitable for them. However, in the implementation of zoom-based online learning there are still many obstacles and shortcomings that need to be addressed and found a solution, so that zoom-based online learning is more effective and can be a powerful alternative way of learning for students. The results of this study are expected to provide a reference and a foundation for researchers, teachers and students in carrying out zoom-based online learning.
Â
Keywords: online learning, zoom, covid-19
References
Anderson, T. (2004). Towards a theory of online learning. Theory and practice of online learning, 2, 109-119.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70.
Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97-102.
Dabbagh, N. and Ritland. B. B. (2005). Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson.
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Dewi D, Silviana. (2020). Mengenal Aplikasi Meeting Zoom: Fitur dan Cara Menggunakannya. Tirto.id
Firman, (2020). Pembelajaran Online Ditengah Pandemic Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science Volume 02, No 02 Maret 2020 , 82.
Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15-23.
Hanum, N.S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, vol.3, no.1
Hariyanto. (2012). Pedagogi, andrologi dan heutagogi serta implikasinya dalam pemberdayaan masyarakat. Dinamika pendidikan Vol XXII No 01 Mei 2017- 65.
Indrawati, F. (2015). Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).
James A. O’Brien, & Marakas, G. M. (2017). Management Information Systems Tenth Edition. In McGraw-Hill Irwin.
Kahfi. & Pongki.(Ed). (2020). Pedagogik & Covid-19 Kemingkinan dalam Pendidikan. Jakarta: Taman Belajar Rawamangun.
Kevin. (2020). Alasan Zoom Banyak Dipakai untuk Rapat Hingga Kuliah dari Rumah. 24 Maret 08:02. Tekno.compas.com
Muhaimin, M., & Kristiawan, M. (2019, February). Resistensi Guru Mengajar Di Daerah Terpencil. in Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (Vol. 12, No. 01).
N. I. Nahar. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaranâ€. J. Nusant. (Ilmu Pengetah. Sos., vol. 1, no. 1, p. 3, 2016.
Putri, M. K. (2011). Implementasi ELearning pada SMA Negeri 2 Surakarta Menggunakan PHP dan Mysql (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rahmawati. (2019). Mudahnya Belajar Pedagogik. Pontianak: PGRI Prov. Kalbar.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Rosyid, N. M., Thohari, I., & Lismanda, Y. F. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Kuliah Statistik Pendidikan Di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(11), 46-52.
Stern, J. (2016). Introduction to online teaching and learning. West Los Angeles College.
Sulaiman, E. (2004). Pengenalan Pedagogi. Johor: Universiti Malaysia Skudai.
S. Nurjati. “Bab II Pembelajaran Akidah Akhlak, Basis Humansitik, Pendekatan Active Learningâ€. pp. 39–104, 2002.
Taradisa, N, jarmita, N, & Emalfida. (2020). Kendala yang dihadapi guru mengajar daring pada masa pandemi covid-19 di MIN 5 Banda Aceh.
Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1-10.