PENDIDIKAN TELAAH DARI ASPEK PEMBELAJARAN DARING DAMPAK PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak
Â
Persoalan pendidikan di Indonesia begitu komplek. Berbagai problematika muncul dalam permasalahan konsep pendidikan. Merebaknya kasus pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sejak Desember 2019 sampai saat ini mengharuskan semua proses kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik untuk sementara waktu dilakukan di rumah. Â Pemerintah mengambil kebijakan pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh dengan media daring (dalam jaringan), baik menggunakan ponsel, PC, atau laptop. Media daring dirasa sangat efektif sebagai langkah solutif untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan. Penggunaan teknologi ini juga bukan tanpa masalah, banyak faktor yang menghambat terlaksananya efektivitas pembelajaran daring ini antara lain : (1) Penggunaan teknologi yang masih rendah, (2) keterbatasan sarana dan prasarana, (3) Jaringan internet, (4) Biaya
Kata kunci: Problematika Pendidikan, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid 19
Â
Abstract
Â
The issue of education in Indonesia is a complex one. Various problems arise with the concept of education. Since December2019, the outbreak of Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) has required all teaching and learning activities for students to be carried out on a temporary basis at home. The government is pursuing a policy of learning through distance learning with online media (on the network), whether using a cell phone, a PC or a laptop. Online media is considered to be very effective as a solution to prevent the spread of Covid-19 in educational settings. There are also many factors that hinder the effectiveness of online learning, including:(1) low use of technology,(2) limited facilities and infrastructure,(3) the Internet network,(4) costs.
Â
Keywords: Educational Problems, Online Learning, Pandemic Covid-19
Â
References
Agus Nana Nuryana. (2020). Kreativitas, Kunci Sukses Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid 19. https//radarbali.jawapos.com/read/2020/04/13.
Asifah, Nurul., (2015). Problematika Pendidikan Di Indonesia (Telaah dari Aspek pembelajaran), Journal of Elementary Vol. 1 Edisi 1 Januari 2015.
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1),82-93.
I Putu Yoga Purandina. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.https//kabar priangan.com/read/2020/05/05/
Marifah, Ayatul.,(2021). Pentingnya Meningkatkan Capaian Pembelajaran di Masa Pandemi Covid19.https://yoursay.suara.com/news/2 021/01/25/134805/pentingnya meningkatkan-capaian-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid-19.
Rasita Ekawati Purba. (2020). Riset dampak Covid-19:potret gap akses online “Belajar dari Rumah†dari 4 provonsi.https//theconversation.com/read/2020/05/02.