PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR KELAS 6 SD PARAMOUNT PALEMBANG DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Olivia Nova Khoiriah Paramount School Palembang
  • Haryono Haryono Paramount School Palembang

Abstract

Abstrak

 

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman penulis sebagai guru yang terlibat langsung dalam pembelajaran jarak jauh atau PJJ di masa Pandemi COVID-19. Makalah ini melibatkan orang tua dan anak yang merupakan siswa kelas 6 SD Paramount Palembang sebagai subjek penelitian. Observasi dan wawancara merupakan metode yang digunakan dalam mengumpulkan data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam meningkatkan semangat belajar anak di masa pandemi covid-19, yakni adanya siswa yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tua pada saat PJJ berlangsung, tetapi ada juga siswa yang mendapatkan perhatian dari orang tuanya pada saat PJJ berlangsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa yang mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tua memiliki semangat belajar yang tinggi, dan siswa yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tua selama PJJ, kurang bersemangat dalam belajar terlebih lagi di masa pandemi covid-19 saat ini, peran orang tua memang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan semagat belajar anak

 

Kata kunci: Peran Orang tua, PJJ, Semangat Belajar

 

Abstract

 

The background of this research was based on the researcher’s observation and experience as a teacher online teaching during COVID-19 pandemic. This paper involved parents and Paramount primary six students as the subjects of the research. The methods used in collecting data are observation and interview. The result of the research showed the parents’ role in improving students learning spirit or motivation, there are few students who got less attention and motivation from their parents but there are also students who got enough attention and motivation from their parents during online learning. The conclusions from this research are: students who got enough attention and motivation from their parents will have a high learning spirit and motivation and those who got less attention and motivation from their parents tended to have low motivation in learning especially in online learning. Hence, parents’ role is very needed.

 

Keywords: Parents’ role, Online learning, Learning spirit or motivation.

References

Fiteriani, I. (2015). Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 115-25.

Haryono. (2015). Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Amara Books

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. TASYRI': JURNAL TARBIYAH-SYARI'AH ISLAMIYAH, 27(2), 23-32.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, R I. (2020), Surat Edaran No 4. (2020). Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona Disease Covid 19.

Mawarsih, S. E., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).

Undang-undang RI Nomor 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Slameto. (2018). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Surat Edaran Sekretaris Jenderal No. 15. (2020). Perihal Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah selama masa pandemi Covid-19.

Umar, M. (2015). Peran Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak, http://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/315/291.

Valeza, A. R. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Wijaya, C. & Syahrun, (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.

Downloads

Published

2021-05-18