EDUCATION CHARACTER PILLARS IN FACING THE TWENTY-FIRST CENTURY
Abstract
Abstrak
Â
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan empat pilar dalam karakter pendidikan di abad kedua puluh satu. Era abad dua puluh satu adalah masa dimana manusia di seluruh dunia bergantung pada kecanggihan teknologi dalam segala aspek seperti pendidikan. Dalam sistem pendidikan Indonesia terdapat beberapa karakter yang harus diimplementasikan kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan yang dikenal dengan Four Pillars in Education Character. Untuk mendeskripsikan pilar karakter pendidikan, tinjauan teoritis digunakan dalam artikel ini. Berdasarkan tinjauan, pendidikan karakter pada abad dua puluh satu ini terdapat empat pilar pendidikan yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Pilar-pilar inilah yang menjadi karakter dalam pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang baik dalam berperilaku sebagai output dan proses dari pendidikan. Artinya, untuk memiliki kualitas manusia-manusia yang baik, terlebih lagi bagi penduduk Indonesia, karakter yang lebih baik harus diterapkan dalam masa pendidikan. Oleh karena itu, keempat pilar tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan.
Â
Kata kunci: Pendidikan karakter, pilar kareakter pendidikan, pendidikan Indonesia
Â
Abstract
Â
The article aims to describe the four pillars in education characters in the twenty-first century. The twenty-first century era is a time where human throughout the world are depending on technology-sophisticated in every aspect as education. Â In Indonesian educational system, there are some characters which should be implemented to the students in order to achieve the goals of education which known as Four Pillars in Education Character. To describe the pillars of education characters, theoretical reviews are used in this article. Based on the review, education characters in twenty first century, there are four pillars of education, namely learning to know, learning to do, learning to be, and learning to live together. Â These pillars are becoming characters in education to create good human resources in behaving as the output and process of education. Meaning that, to have good quality for human, moreover for Indonesians, better characters are must in education period. Therefore, these four pillars play very important roles in education.
Â
Keywords: education character, education character pillars, Indonesian’s education.
References
Anonim. (2016). Pendidikan karakter anak usia dini. Diakses dari http://www.tokomakalah.com/2016/12/makalah-pendidikan-karakter-lengkap.html
Ardan, F. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika pada kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa (Undergradute's thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017). Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Faruq. (2013). Gawat, Indonesia Darurat Moral! Retrieved http://asosiasipenulisislam-sby.blogspot.com/2016/02/gawat-indonesia-darurat-moral.html
Johansyah. (2017). Pendidikan karakter dalam Islam: Kajian dari aspek metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11 (1), 89.
Manasikana, A., & Anggraeni, C. W. (2018). Pendidikan karakter dan mutu pendidikan indonesia. Seminar Nasioanal Pendidikan.
Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistic siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 91.
Muttaqin, R. (2019). Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Diakses dari https://www.kompasiana.com/roisulmuttaqin/5db424a2d541df716549ab24/pendidikan-karakter-sebagai-pilar-pembentukan-karakter-bangsa
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(3), 465.
Pradana, A. M. (2019, November 24). Kondisi pendidikan di Indonesia saat Ini. http://koranbogor.com/berita/kampus-kita/kondisi-pendidikan-di-indonesia-saat-ini/
Pristine A.D. dan Suryani, E. (2015). Implementasi pembentukan karakter budi pekerti di SMP Negeri 1 Tanggul Jember. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 83.
Sari, Y.P dan Azwar, W. (2017). Fenomena bullying siswa: Studi tentang motif perilaku bullying siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 335.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, D., dan Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal Penelitian dan PM, 4(2), 328.