MANAJEMEN PEMBELAJARAN INOVATIF DI ERA DISRUPTIF
Abstract
Era disrupsi memang memberikan peluang bagi terciptanya penemuan baru, lapangan kerja baru, dan jenis pekerjaan baru yang belum ada sebelumnya, namun pada saat yang sama hal ini merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi agar dapat terus eksis di tengah masyarakat. guru tidak mampu menyesuaikan diri dengan pola pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknologi internet, maka pembelajaran akan sangat sulit dilaksanakan dengan baik Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengelolaan pembelajaran inovatif yang seharusnya diterapkan oleh seorang guru di era disruptif. Guru harus mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi pembelajaran dengan melakukan pembaharuan pada teori pedagogi, pendekatan, metodologis, teknik mengajar, alat pembelajaran, proses pembelajaran maupun struktur institusional sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang inovatif. Guru juga hendaknya mampu merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan melakukan pengawasan dalam pembelajaran sehingga dapat dilakukan penyempurnaan pada penggunaan selanjutnya. Â
 Kata kunci: era disruptif, manajemen, pembelajaran inovatif
Â
The era of disruption does provide opportunities for the creation of new discoveries, new jobs, and new types of work that did not exist before, but at the same time this is a challenge that must be faced in order to continue to exist in society. teachers are not able to adapt to the pattern of distance learning that uses internet technology, then learning will be very difficult to carry out properly. This research is a qualitative research with a literature study method. This stu dy aims to examine how innovative learning management should be applied by a teacher in the disruptive era. Teachers must be able to increase productivity and learning efficiency by updating pedagogical theories, approaches, methodologies, teaching techniques, learning tools, learning processes and institutional structures so as to realize innovative learning. Teachers should also be able to plan, organize, implement, and supervise learning so that improvements can be made in subsequent use.
 Keywords: disruptive era, management, innovative learning
References
Anif Sofyan. 2012. Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan terhadap Profesionalitas Guru (Sebuah Kajian Implementasi Sertifikasi Guru Dalam Jabatan). Varia Pendidikan Vol. 24, (1).
Bernad et al. 2018. New Pedagogical Challenges in the 21st Century: Contributions of Research in Education. BoD.
Burden Paul R. 2020. Classroom Management: Creating a Successful K-12 Learning Community 7 Edition. John Wiley & Sons.
Christensen, Baumann & Ruggles.2015.Disruptive Innovation For Social Change. Boston:Harvard Bussiness Review.
Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daft and Marcic. 2016. Understanding Management. Cengage Learning
Edwards M dan Schachter. 2018. The nature and variety of innovation, International Journal of Innovation Studies.Vol.2. (2).
Erwinsyah A. 2017. Manajemen Pembelajaran dalam Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Guru. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.Vol 5 (1).
Griffin Ricky W. 2021. Fundamentals of Management 10th edition. Cengage Learning,
Mynbayeva, dkk. 2018.Pedagogy of the Twenty-First Century:Innovative Teaching Methods. New Pedagogical Challenges in the 21st Century: Contributions of Research in Education. BoD – Books on Demand.
Naway Fory A.2016.Strategi Pengelolaan Pembelajaran.Ideas Publishing.
Porchu Ornella. 2020. Exploring innovative learning culture in the newsroom. Journalism.Vol. 21(10).
Saifulloh AM dan Darwis M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna, Vol. 03 (02).
Serdyukov P. 2017. Innovation in education: what orks, what doesn’t, and what to do about it?. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning. Vol.10 (1).
Suryapermana Nana. 2016. Perencanaan dan Sistem Manajemen Pembelajaran. Vol.1 (2)
Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sylvia. 2021. Inovasi Pendidikan di Era Pandemi.https://www.tanotofoundation.org/id/news/inovasi-pendidikan-di-era-pandemi/.