PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DAFTAR PUSTAKA SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

Authors

  • Estuning Dewi Hapsari
  • Yani Isnaniyah
  • M Agus Wahyudi

Abstract

Abstrak

 

Pembelajaran daring di masa pandemic menuntut pendidik dan peserta didik memafaatkan teknologi informasi. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis android diharapkan dapat mengatasi kesulitan mahasiswa dalam menulis daftar pustaka.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf mahasiswa. Penelitian dilakukan di Teknik Informatika pada semester gasal 2020/2021. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan masih terdapat 7 mahasiswa yang kurang memenuhi standar penilaian. Perbaikan dilakukan pada siklus II. Pada siklus II semua  nilai mahasiswa telah memenuhi standar penilaian. Siklus I nilai rata-rata mencapai 79 dan siklus II mengalami peningkatan dan mencapai 84.  

Kata Kunci: Multimedia, android, daftar pustaka, inovasi

 

Abstract

Online learning in pandemic times requires educators and learners to utilize information technology. Utilization of android-based learning media is expected to overcome the difficulties of students in writing bibliography.  This research aims to improve the ability to write student paragraphs. The research was conducted in Informatics Engineering in the gasal semester 2020/2021. The method used is Class Action Research (PTK). The results of research in cycle I showed that there were still 7 students who did not meet the assessment standards. Repairs are made in cycle II. In cycle II all student grades have met assessment standards. Cycle I the average value reaches 79 and cycle II increases and reaches 84.  

Keywords: Multimedia, android, bibliography, innovation

References

Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I., 7(5), 395.

Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Briggs. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Yogjakarta: CV. Budi Utama.

Faturohman, N. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 615–627. Serang.

Gunawan, Y. I. P. dan A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Madaniyah, 11(2), 133-150.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Lestariyanti, E. (2020). Mini-Review Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Keuntungan Dan Tantangan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 89–96.

Qulub, T dan Shifa, F. R. (2020). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–5. Tangerang.

Rogers, E. M. (1995). Diffusion of Innovations (Fourth Edition). New York: The Free Press.

Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Metode, Kaidah Penulisan, dan Publikasi. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (1997). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, N. (2020). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Suyuti, Y., Sugit, Z & Yunidar, N. (2020). Penerapan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas Xb SMAN2 Dampelas. E-Jurnal Bahasantodea, 4(2), 116–122.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/986213.986216

Downloads

Published

2021-12-26