ANALISIS “KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH ARITMATIKA
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada mata kuliah aritmatika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya terdiri dari 40 orang mahasiswa Semester satu Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah aritmatika khususnya pokok bahasan bentuk aljabar. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Setelah dilakukan analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep matematis dari mahasiswa adalah 60,98 masuk dalam kategori baik. Dari 40 orang mahasiswa terdapat 3 orang mahasiswa yang termasuk kategori sangat baik, 18 orang mahasiswa terkategori baik, 15 orang mahasiswa berada dalam kategori cukup dan 4 orang mahasiswa termasuk kategori yang kurang. Dari 7 Indikator kemampuan pemahaman matematis yang diamati, indikator yang paling sering muncul adalah kemampuan menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, sedangkan indikator yang paling sedikit adalah indicator kemampuan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis pada mahasiswa PGSD untuk mata kuliah aritmatika khususnya pada pokok bahasan bentuk aljabar ada dalam kategori baik.
Kata kunci:Â Â Â Â Aritmatika, pemahaman konsep matematis, kesulitan belajar.
Â
Abstract
This study aims to describe the ability to understand mathematical concepts of Elementary School Teacher Education Study Program students in the arithmetic course. The method used in this research is descriptive research. The research subjects consisted of 40 first semester students of the PGSD Study Program at PGRI Palembang University. The data collection technique used was a test instrument†for the ability to understand mathematical concepts of students in arithmetic courses, especially the subject of algebraic forms. The data collected were analyzed using a quantitative descriptive approach. After analyzing the data, it is known that the average result of students' mathematical concept understanding ability is 60.98 which is in the good category. Of the 40 students, there were 3 students in the very good category, 18 students in the good category, 15 students in the sufficient category and 4 students in the poor category. Of the 7 indicator of mathematical understanding ability that appears the most is the ability to use, utilize, and choose certain procedures or operations, while the least indicator is the ability to apply problem-solving concepts or algorithms. Based on the results of the study, it can be concluded that the ability to understand mathematical concepts of PGSD students in arithmetic courses is in the good category.
Keywords: Arithmetic, understanding mathematical concepts, learning difficulties.
References
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-7.
American Heritage. (2011). Dictionary of the English Language, Fifth dition. USA: Houghton Mifflin Harcourt. Diakses dari https://www.ahdictionary.com/
Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Burton, David M. (2011). The History of Mathematics: an Introduction. New York: McGraw-Hill. Diperoleh dari http://www.mhhe.com
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018, Juli). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-43.
Fuadiah, N. F., Suryadi, D., dan Turmudi. 2016. Identifikasi Kesulitan Siswa Sekolah Menengah dalam Memahami Bilangan Negatif. dalam D.
Suryadi, E. Mulyana, T. Suratno, D. Dewi, dan S. Maudy, Monograf
Didactical Desain Research (hal. 121). Bandung: Rizqi Press.
Kesumawati, N. (2008). Pemahamanan Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 229-235.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT Refika Aditama.
Mulyani, A., Indah, E. K., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251-260.
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 19-29.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015, November). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185.
Sugito, I., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan pendidikan Matematika, 538-545.