PEMANFAATAN GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Betty Marlina

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan yaitu mendeskripsikan pemanfaatan dari Google Workspace For Education yang digunakan untuk pembelajaran daring.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data yaitu melalui wawancara model semi terstruktur dengan bantuaan aplikasi google meet kepada responden yaitu tenaga pengajar di Sumatera Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Google Workspace For Education telah digunakan oleh guru-guru di Sumatera Selatan dengan baik untuk proses pembelajaran daring yaitu seperti aplikasi Google Classroom, Google Form, Google Sheet, Google Meet, Google Docs, Google Calendars, Google Drive, Jamboard, Google Slides dan Google Photos.

 

Kata kunci: Pembelajaran Daring, Google Workspace For Education

 

Abstract

 

The purpose of this study is to describe the Google Workspace For Education used for learning courage. The research method is qualitative method. Data collection techniques through semi-structured interviews with the help of the Google Meet application for teachers in South Sumatera. The results of this research is indicate that the teacher in South Sumatera use GWFE for challenging learning processes such as Google Classroom applications, Google Forms, Google Sheets, Google Meet, Google Docs, Google Calendars, Google Drive, Jamboard , Google Slides and Google Photos

 

Keywords: Online Learning, Google Workspace For Education

References

Batubara, H. H. (2016). DI PRODI PGMI UNISKA MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2).

Chen, S. J., Qin, Z., Wilson, Z., Calaci, B., Rose, M., Evans, R., Abraham, S., Metzler, D., Tata, S., & Colagrosso, M. (2020). Improving Recommendation Quality in Google Drive. Proceedings of the 26th ACM SIGKDD International Conference on Knowledge Discovery & Data Mining, 2900–2908.

Husain, C. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38

Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how? Journal of Education and Social Sciences, 3, 12–18.

Insani, K., Suratno, & Farisi, I. (2020). ICT literacy with google suite for education (GSFE) in junior high school with different academic abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012058

Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. URECOL, 183–188.

Moreno-Guerrero, A. J., Rodríguez-Jiménez, C., Ramos-Navas-Parejo, M., Soler-Costa, R., & López-Belmonte, J. (2020). WhatsApp and Google Drive Influence on Pre-service Students’ Learning. In Frontiers in Education (p. 152). Frontier.

Raharjo, W. S., Rachmat, A., Sebastian, D., & Saputra, L. K. P. (2019). Pemanfaatan G Suite for Education untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar dan Kapasitas Guru SMA. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, November.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Semiawan, C. R. (2010). METODE. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Shidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In CV. Nata Karya (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Spaeth, A. D., & Black, R. S. (2012). Google docs as a form of collaborative learning. Journal of Chemical Education, 89(8), 1078–1079. https://doi.org/10.1021/ed200708p

Sudarsana, I. K. (2019). The use of Google classroom in the learning process The use of Google classroom in the learning process. Journal of Physics: Conference Series PAPER. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012165

Suwantarathip, O., & Wichadee, S. (2014). The effects of collaborative writing activity using Google docs on students’ writing abilities. Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 148–156.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Downloads

Published

2021-12-26