REFORMASI PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19
Abstract
Momok pandemi Covid-19 yang telah menyentuh tingkat pendidikan, kehidupan sosial, politik, dan ekonomi tampaknya bergerak menuju titik puncaknya. Dalam dunia pendidikan, hampir semua sekolah telah melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan standar yang ketat, dan terkadang ditutup kembali sesuai dengan kenyataan di lapangan. Pembelajaran online selama hampir empat semester memang telah membentuk kebiasaan baru. Guru dan siswa semakin akrab dengan teknologi pembelajaran. Pada saat yang sama, dimungkinkan untuk merasa nyaman belajar di rumah atau di luar sekolah. Memikirkan bagaimana seharusnya pembelajaran pasca-Covid-19 muncul sebagai solusi reformatif di bidang pendidikan, karena di era itu, pembelajaran di sekolah tidak akan pernah kembali ke era sebelumnya.
Kata kunci: Pembelajaran, Pasca pandemi, Reformasi
References
Danim, Sudarwan (2021), Multipedagogi, Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Saintesia, Depok.
Danim, Sudarwan (2021), Pendidikan dan Pembelajaran 4.0, Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Saintesia, Depok.
Danim, Sudarwan (2019), Profesi Kependidikan, Bandung, Alfabeta
Debashis (2018), Education 4.0, http:/www.imibh.edu.in
Klaus Schwab, (1997), The Fouth Industrial Revulution, WorldPress.com
Keith Moran (2018), “Industry 4.0 and the Career Opportinities RI 4.0.†http://www.thestar.com.my
Peter Fisk (2017), Education 4.0, http://www.thegeniusworks.com
Ryan Ayers (2019), What is the BD for Education Project?,
https://www.ryanayersmusic.com
Spires, Hiller A. (2006), Digital Liteeacy for Teacher, North Carolina State University, USA
William G. Tierney (2020), Higher Education in the Era of Disruption, https://www.rossier.usc.edu
World Economic Forum (2016), https://www.weforum.org/
Williams, M. and R. L. Burden. 1997. Psychology for Language Teachers: a social constructivist approach. Cambridge: Cambridge University Press.