PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SDM BERKUALITAS DI ERA DISRUPSI DAN PANDEMI COVID-19

Authors

  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Amiruddin Amiruddin Universitas PGRI Palembang

Abstract

Adanya perubahan kemajuan teknologi yang terjadi begitu massive dan cepat serta terjadinya pandemi covid-19 telah mengubah pola-pola kehidupan masyarakat di berbagai bidang. Dalam bidang pendidikan  disrupsi serta pendemi covid-19 telah menciptakan pola-pola baru dan mengubah cara-cara lama dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran dunia pendidikan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas di era disrupsi dan pandemi covid-19. Pendidikan adalah salah satu faktor penting dalam  memenusi kebutuhan sumber daya manusia sesuai kebutuhan pasar di era disrupsi saat ini. Seluruh pelaksana pendidikan harus menumbuhkan growth mindset supaya dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, sehingga akan terwujud kultur inovatif. Selain itu juga diperlukan support digitalisasi layanan, fasilitas pembelajaran yang baik, dan implementasi kurikulum yang sesuai dengan masanya.

Kata kunci: growth mindset, digitalisasi, merdeka belajar

References

Elyas Ananda H.2018. Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta Dharmawangsa. No.56.

Priatna Tedi. 2019. Disrupsi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Pusat Penelitian dan Penerbitan. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Bandung.

Rohaeni dan Marwa. 2018. Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica. Vol.2 No.2 (312-318).

Saleh Meylan.2020.Merdeka Belajar di tengah Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas. Vol.1.(51-56).

Sumantyo Franciscus DS.2020. Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI). No.1. (81-92).

Syafi’i Muhammad.2018. Analisis Pola Pikir dan Perilaku Lingkungan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNRI Terhadap Lingkungan Hidup di Kampus FKIP UNRI. Jurnal Pendidikan. Vol.9.No.1 (51-70).

Downloads

Published

2022-06-15