NALISIS APLIKASI DUOLINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TAMBAHAN UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG

Authors

  • Asep Muhammad Fajar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Juju Juangsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sugihartono Sugihartono Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Artikel ini menganalisis penggunaan aplikasi Duolingo dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitaitif, peneliti mengamati pola penyajian materi aplikasi Duolingo dan penelitian ini juga menganalisisi perubahan pola kalimat dari unit 1 sampai dengan unit 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola materi aplikasi Duolingo adalah pola materi bertingkat dan terikat, maksudnya adalah pola materi yang akan dipelajari dimulai dari materi unit 1 dari materi dasar lalu tingkat kesulitannya akan semakin bertambah pada unit dan materi selanjutnya akan tetapi judul pelajaran yang disajikan adalah pengembangan dari beberapa materi yang telah dipelajari pada unit sebelumnya. Untuk perubahan pola kalimat yang disajikan oleh aplikasi Duolingo adalah perubahan pola kalimat dari bentuk sederhana seperti penyebutan dua jenis benda seperti「ã”ã¯ã‚“ã¨ã¯ã—。ã€â€Gohan to hashi†sampai dengan pola kalimat「今æœã¯éƒµä¾¿ãŒå¤šã‹ã£ãŸã€‚ã€â€Kesawa yubin ga ookattaâ€.


Kata kunci: Duolingo, Pola Materi, Pola Kalimat, Unit, Materi

References

Sutedi, D. (2009). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.

Alfaki, A. (2014). Towards a Digital World: Using Social Networks to Promote Learner’s Language. American International Journal of Contemporary Research .

Apa itu Duolingo? (2022, Januari 29). Retrieved from support.duolingo.com: https://support.duolingo.com/hc/id/articles/204829090-Apa-itu-Duolingo-

Hartoyo. (2008). Hartoyo Individual Differences in Computer-Assisted Language Learning. semarang.

Downloads

Published

2022-06-15