MEMPERKUAT IDENTITAS NASIONAL MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Riki Andi Saputro Universitas Sebelas Maret

Abstract

Pendidikan sebagai salah satu pondasi di setiap kehidupan manusia dan pendidikan dibangun dari generasi ke generasi. Melalui pendidikan akan memberikan dampak bagi kemajuan diri sendiri ataupun sebuah bangsa. Tujuan penulisan: Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran sejarah dan pentingnya identitas nasional. Metode yang digunakan: Metode literatur yang bersifat deskriptif analitis. Hasil penelitian ini adalah: Merawat identitas nasional dapat dilakukan dengan berbagai macam upaya, seperti halnya saling menghormati dan menanamkan nilai yang ada di ideologi negara dalam berkedupan sehari-hari. Pentingnya pelajaran sejarah untuk menanamkan nilai multikultural yang bisa memperkuat identitas nasional Indonesia. Kesimpulan: Pendidikan merupakan sebuah proses yang dilakukan dalam pembelajaran yang bisa menumbuhkan kemampuan serta keterampilan yang bisa bermkana bagi setiap manusia. Dalam pembelajaran sejarah berbasis multikultural sanggat efektif diterapkan pada pendidikan Indonesia, menggigat kemajemukan budaya Indonesia yang tidak lepas dari proses interaksi peristiwa sejarah.


Kata Kunci: Penyusunan dokumen, rancangan pembelajaran, matematika

References

Adon, M. J., & Budi, A. S. (2021). Komunitas Kristiani sebagai Duta Kasih Allah di tengah Kebhinekaan Bangsa Indonesia. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya, 4(2), 135-153.

Aristin, R. (2018). Upaya Menumbuhkan Patriotisme dan Nasionalisme melalui Revitalisasi Makna Identitas Nasional di Kalangan Generasi Muda. Aspirasi: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 2(2), 21-26.

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam pusaran globalisasi dan pengaruhnya terhadap krisis moral dan karakter. Pamator Journal, 13(1), 50-56.

Damayanti, N., & Suyana, N. (2018). Efektivitas Metode Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Di Kelas X SMK Insan Mulia Bekasi. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 39-44.

Darmadi, D. H., & PD, M. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.

Hardiana, Y. (2017). Pembelajaran sejarah Indonesia berbasis peristiwa-peristiwa lokal di Tasikmalaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 1(1), 41-46.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1).

Hidayat, U. S. (2018). Menumbuhkan Pendidikan Multikultural pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran di Kelas. Bina Mulia Publishing.

Idris, M., & Saputro, R. A. (2021). Position of Women in South Sumatra Customary Law: Gender Studies in South Sumatra in the Early 19th Century 20th Century Ad. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(10), 496-502.

Idris, M., Sukardi, S., & Saputro, R. A. (2021). Local Wisdom in the History of Traditional Headbans Palembang South Sumatra. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8066-8077.

Ismawati, Y. T., & Suyanto, T. (2015). Peran guru pkn dalam membentuk sikap cinta tanah air siswa di sma negeri 1 mojosari kabupaten mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(3), 833.

Isnaini, I. (2018). Pengembangan Materi Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural. INSPIRASI: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 44-71.

Laksamana, A. (2018). Public Relations in the Age of Disruption: 17 Pengakuan Professional PR & Kunci Sukses Membangun Karier pada Era Disrupsi. Bentang B first.

Mardiani, M. Z. A. A. F. (2021). Memperkuat Identitas Nasional Melalui Model Pembelajaran Berpikir Historis (Mpbh): Antara Nyata Atau Sebuah Asa?. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 6, No. 3).

Marli, S. (2020). Sejarah dan pendidikan sejarah. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(2).

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2).

MP, H., Suyadi, A., & Wahib, W. (2020). Hukum Tata Negara.

Nasution, R. D. (2017). Pengaruh perkembangan teknologi informasi komunikasi terhadap eksistensi budaya lokal. Jurnal penelitian komunikasi dan opini publik, 21(1), 30-42.

Nurnazhiifa, K., & Dewi, D. A. (2021). PPKN Sebagai Tonggak Rasa Patriotisme dan Nasionalisme Berkaitan dengan Identitas Nasional Bangsa Indonesia. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 67-79.

Purwanta, H. (2013). Militer dan Konstruksi Identitas Nasional: Analisis Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA Masa Orde Baru. Paramita: Historical Studies Journal, 23(1).

Purwanta, Hieronymus, Heribertus Hery Santosa, and Anton Haryono. "Wacana identitas nasional pada buku teks pelajaran Sejarah di Inggris dan Indonesia: kajian komparatif." Patrawidya 16, no. 3 (2015): 345-362.

Purwanto, N. A. (2020). Peranan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Di Smk Dalam Mewujudkan Jati Diri Bangsa. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 16(1).

Putri, F. A., Harun, M., & Kairannisa, P. (2020). Makalah Kewarganegaraan Identitas Nasional.

Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Bumi Aksara.

Roth, G. L., & Kleiner, A. (1995). Learning about organizational learning: creating a learning history.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

Sumaludin, M. M. (2018). Identitas Nasional dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 1(2), 97-104.

Suparjan, E. (2019). Pendidikan Sejarah Untuk Membentuk Karakter Bangsa. Deepublish.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Deepublish.

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43-50.

Susrianto, E. (2012). Peranan Pendidikan Sejarah dalam Membangun Karakter Bangsa. LENTERA (Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya, dan Sosial), 1(5), 33-44.

Widiyaningrum, W. Y. (2019). Menumbuhkan Nilai Kesadaran Pancasila di Kalangan Generasi Muda: Kajian Teoritis. JISIPOL|Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(3), 69-78.

Zed, M. (2018). Tentang konsep berfikir sejarah. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 13(1).

Downloads

Published

2022-06-15