PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL MENGGUNAKAN KONTEKS LITERASI FINANSIAL

Authors

  • Theresia Feby Pakpahan Universitas PGRI Palembang
  • Allen Marga Retta Universitas PGRI Palembang
  • Tika Dwi Nopriyanti Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan konteks literasi finansial dalam proses pembelajaran, terutama pada materi aritmetika sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pada materi aritmetika sosial menggunakan konteks literasi finansial yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Lubuk Besar dan data diperoleh melalui angket dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan perolehan persentase kevalidan sebesar 86,53%, sangat praktis dengan perolehan persentase kepraktisan sebesar 85%, dan memiliki efek potensial yang tinggi terhadap hasil belajar dengan perolehan persentase efek potensial sebesar 80%.


Kata Kunci: Pengembangan LKPD, aritmetika sosial, konteks literasi finansial



References

Dayona, G., & Zulkardi. (2018). Penggunaan Konteks Finansial Pada Pengembangan Soal Matematika Tipa PISA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 200-205.

Hakiky, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Menggunakan Budaya Jambi Pada Materi Aritmetika Sosial. Skripsi: FKIP Universitas Jambi, 3.

Inayah, Firda Farikhatul. (2018). Penerapan Teori Situasi Didaktik Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 40.

Mas'udah, I. L. (2017). Profil Literasi Finansial Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Status Sosial Ekonomi Orang Tua. SKRIPSI UIN Sunan Ampel Surabaya, 1.

Monalisa, & Santoso, B. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Pemodelan Matematika Pada Materi Aritmetika Sosial KelasVII. Doctoral Dissertasion, Sriwijaya University, 6.

Narta, A. D., Maizora, S., & Yensy, N. A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII di SMP Negeri 06 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Matematika Sekolah, 92.

Nopriyanti, T. D., & Retta, A. M. (2020). Pembelajaran Berbasis Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 64.

OECD. (2012). PISA 2012 Results: Student and Money Financial Literacy Skills for the 21St Century (Volume VI). OECD, 32.

OECD. (2016). Result from PISA 2015: Indonesia. OECD , 1-8.

OECD. (2019). OECD Multilingual Summaries PISA 2018 Result (Volume I). OECD Publishing, 2018- 2020.

Osin, A. E., Sesanti, N. R., & Marsitin, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Aritmetika Sosial. Seminar Nasional Universitas Kanjuruhan Malang, 9-18.

Pebrianingrum, Q. D., Krisdiana, I., & Suprapto, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP. Prosiding UNIPMA, 2.

Pratomo, K. A., Darmono, P. B., & Purwoko, R. Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistik Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Prosiding Sendika, 3.

Ramadhany, A., & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Modul Aritmetika Sosial Berbasis Problem Based Learning Bagi Siswa SMP. Jurnal Cendekia, 213.

Riduwan. (2020). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmetika Sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 571-572.

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 60.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wati, T., Zulkardi, & Susanti, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar PMRI Topik Literasi Finansial Pada Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 2

Downloads

Published

2022-06-15