PEMAHAMAN ORANG TUA DAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TENTANG TUMBUH KEMBANG OPTIMAL
Abstract
Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan pemahaman orang tua dan guru PAUD tentang tumbuh kembang dan perawatan kesehatan anak. Kegiatan dilakukan secara tatap muka pada Oktober 2021 di PAUD Anak Ceria Tangerang Selatan. Peserta yang hadir 16 orang. Pengetahuan peserta sebelum kegiatan 78,6% dan setelah kegiatan 82,5%. Pertanyaan yang masih banyak dijawab tidak tepat yaitu tentang kegiatan anak yang berulang akan membosankan dan anak yang mengalami gejala (misalnya demam) harus segera diberi obat (misalnya paracetamol). Diskusi dilaksanakan secara interaktif membahas pola komunikasi efektif dengan anak, perawatan kesehatan anak, dan aktivitas hariannya. Sepatutnya kegiatan ini dilaksanakan secara periodik dan terstruktur untuk mendapatkan manfaat dan berdampak luas bagi peningkatan kesehatan anak.
Kata Kunci: Anakusia dini, pendidikan, tumbuh kembang, kesehatan
References
Bahij, A. A., Nurfadhilah, & Erlina, I. (2020). Remaja Juara Cerdas Menghadapi Pubertas. In Puskurbuk (1st ed.). https://fkm.umj.ac.id/launch-buku-pubertas-siap-menghadapi/
Ismaniar, I. (2018). Kreatifitas dan Pendidik PAUD dalam Perspektif Peluang dan Tantangan. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(3), 257. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.100949
KPPPA. (2017). STATISTIK GENDER TEMATIK Mengakhiri Perempuan, Terhadap Anak, dan Di Indonesia,. In KPPPA & BPS. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjy05y0gv7zAhWNbysKHVo4DM4QFnoECAYQAQ&url=https%3A%2F%2Fwww.kemenpppa.go.id%2Flib%2Fuploads%2Flist%2F71ad6-buku-ktpa-meneg-pp-2017.pdf&usg=AOvVaw384d2BtVDVcL8j62jKLLhH
Nurfadhilah. (2020). Perasaan Positif pada Korban Bencana Alam di Lombok, Sulawesi, dan Banten (Positive Feeling of Natural Disaster Survivor in Lombok, Sulawesi, dan Banten). As Syifa, 1 No 1(Mei-Nov 2021), 28–36. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AS-SYIFA/article/view/6301/4194
Nurfadhilah. (2021). Mengejar Pertumbuhan dan Mencegah Stunting. In A. Faizin & K. D. Efendi (Eds.), Membaca Muhammadiyah (1st ed., pp. 153-158 (414)). Caremedia Communication. https://www.researchgate.net/publication/353730924_Mengejar_pertumbuhan_dan_mencegah_stunting
Nurfadhilah, & Utomo, E. (2020a). Buku Pegangan Guru Kelas IV Sekolah Dasar Pubertas: Siap Menghadapi (1st ed.). FKM UMJ. https://fkm.umj.ac.id/launch-buku-pubertas-siap-menghadapi/
Nurfadhilah, & Utomo, E. (2020b). Virus, Kenali-Hindari (March, 202). FKM UMJ. https://fkm.umj.ac.id/telah-hadir-buku-hypercontent-kenali-dan-hindari-virus/
Nurfadhilah, Utomo, E., Neolaka, A., Bahij, A. A., & Sinyanyuri, S. (2021). Puberty education in primary school: Situation and solution. International Journal of Mechanical Engineering, 6(January), 1110–1117. https://kalaharijournals.com/resources/121-140/IJME_Vol7.1_134.pdf
Perempuan, K. (2021). Catahu 2021. In Catatan tahunan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Vol. 1, Issue 5 Maret 2021). https://komnasperempuan.go.id/uploadedFiles/1466.1614933645.pdf