INTEGRASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21

Authors

  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang

Abstract

Artikel ini menguraikan relevansi literasi digital dalam pembelajaran abad 21. Konsep pembelajaran abad 21 terkait erat dengan maju pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi.Menghadapi tantangan abad 21 setiap orang harus membekali dirinya dengan  pengetahuan yang memadai diringi dengan kemampuan berpikir kritis, dan kecakapan literasi digital, informasi, media, serta penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi itu sendiri. Literasi digital adalah minat, sikap, dan kecakapan individu dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dan komunikasi dalam hal mengakses, mengatur, mengintegrasikan, menganalisis, serta mengevaluasi suatu informasi, mengonstruksi pengetahuan baru, melakukan, dan berkomunikasi dengan orang lain sehingga dapat ikut serta berperan aktif dalam masyarakat. Untuk mencari sumber internet dari berbagai situs, maka siswa memerlukan literasi digital yang dapat membekali mereka memilih informasi dengan benar, mengalisis secara kritis, dan berkomunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media sosial. Kemampuan literasi digital ini dapat dipertimbangan sebagai salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dalam diri peserta didik.


Kata Kunci: Informasi, Komunikasi, Teknologi, Internet

References

Adiarsi, G. R., Stellarosa, Y., & Silaban, M. W. (2015). Literasi Media Internet di Kalangan Mahasiswa. Humaniora, 470-482.

Belshaw, D. A. (2020). What is Digital Literacy? A Pragmatic Investigation. Durham University: Doctoral Disertation Durham University.

Gilster, P. (1997). Digital literacy. John Wiley & Sons, Inc..

Hague, C., & Williamson, B. (2010). Digital Participation, Digital Literacy And Schools. Curriculum Leadership, 8(10).

Jones, R. H., & Hafner, C. A. (2012). Understanding Digital Literacies: A Practical Introduction. Routledge.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kemendikbud.

Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford University Press.

Masitoh, S. (2018). Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceedings of the ICECRS, 1(3).

Mukhadis, A. (2013). Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).

Setyawan, U. (2018). Strategi SMPIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta Dalam Membudayakan Literasi Bagi Siswa. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 1(1), 101-118.

Sugihartati, R. (2020). Literasi Digital Harus Terintegrasi dengan Mata Pelajaran. Jakarta: Media Indonesia.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 263-278). Malang: Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Downloads

Published

2022-06-15