KEMAMPUAN MENYUSUN DOKUMEN RANCANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MAHASISWA PPG DALAM JABATAN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Misdalina Misdalina Universitas PGRI Palembang

Abstract

Salah satu tujuan diselenggarakan PPG adalah menghasilkan guru yang mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan atau menghasilkan ide-ide baru dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran selama PPG antara lain penyusunan dokumen perancangan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah bagaimana kemampuan mahasiswa PPG Dalam Jabatan Universitas PGRI Palembang dalam menyusun dokumen rancangan pembelajaran matematika? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumen hasil penyusunan rancangan pembelajaran KD 1 sampai dengan KD 3. Penilaian menggunakan rubrik yang ada di LMS PPG 2021. Sampel dalam penelitan ini adalah mahasiswa PPG Daljab angkatan 4 kelompok Aljabar semester ganjil tahun 2021. Analisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mahasiswa PPG dalam menyusun dokumen rancangan pembelajaran matematika termasuk kategori sangat baik.


Kata Kunci: Penyusunan dokumen, rancangan pembelajaran, matematika

References

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan Aplikasi Literasi Baru di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM, Vol. 1 No. 2, 90-114.

Caesariani, N. A. (2018). Pemanfaatan Multimedia Interaktif pada Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2, No. 4, 832-840.

Dharmayana, I. W., & Alexon. (2019). The Evaluation of The Implementation of Workshops on The Preparation and Development of Learning Tools in the PPG Pre-Service Study Program at the FKIP University of Bengkulu. Triadik: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 18, No. 2, 10-32.

Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 1, 27-34.

Hartatik, S., & Nafiah. (2020). Kemampuan NUmerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, Vol. 5, No. 1, 32-42.

Huriah, T. (2018). Metode Student Center Learning; Aplikasi pada Pendidikan Keperawatan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Irmayati, Rochmiyati, & Ertikanto, C. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Kreatif dalam Pemebalajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan PBL. Jurnal Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 5, No. 18, 1-13.

Kemdikbudristekdikti. (2021, Oktober 04). https://elearning-ppgdaljab.simpkb.id/#/instansi/890057/diklatku. Retrieved from ppg.simpkb.id: https://lms03-ppgdaljab2021.simpkb.id/mod/assign/view.php?id=105107&rownum=0&action=grader&userid=9947

Muhidin, A. (2017). Mengajar Efektif: Pendekatan berpusat pada Mahasiswa. Pamulang: UNPAM Press.

Muis, M. (2019). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah: Teori dan Penerapannya. Gresik: Caremedia Communication.

Murdiyanto, T. (2020). Persepsi Peserta PPG dalam Jabatan terhadap Pelaksanaan Program PPG Hybrid Learning Bidang Studi Matematika Universitas Negeri Jakarta Tahun 2019. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), Vol. 4, No. 2, 76-84.

Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Klaten: Lakeisha.

Purba, R. A. (2021). Media & Teknologi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Peduli.

Salam, M., & Sukardjo, M. (2020). Effect on Concept Attainment Models and Self-Directed Learning (SDL) on Mathematics Learning Putcomes. International Journal of Instruction, Vol. 13, No. 3, 275-292.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.

Sartika, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan KOmunikasi Matematika, Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman KOnsep Matematika Bagi Siswa Kelas XMAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 108-117.

Setyosari, H. P. (2020). Desain Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugi. (2019). Menyusun RPP Kurikulum 2013 (Strategi Peningkatan Keterampilan Guru SMP Menyusun RPP melalui In House Training). Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL Untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 2, 189-197.

Taliak, J. (2021). Teori dan Model Pembelajaran. Indramayu: Adab.

Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Deepublish.

Wahidin. (2021). Mathematic Perception In Whatsapp Group Interaction Teacher Participant PPG UHAMKA Year 2020. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, Vol. 9, No. 1, 77-83.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif; Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bebasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Vol. 1, No. 2, 258-274.

Zubainur, C. M., & S., R. B. (2020). Bahan Ajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. LIngua, Jurnal Bahasa & Sastra, Vol. 19, No. 2, 130-136.

Downloads

Published

2022-06-15