PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERORIENTASI PESERTA DIDIK PADA ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Muhammad Iqbal Jauhar Hanim Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Pada era society 5.0, media belajar peserta didik tidak hanya belajar menggunakan buku, namun juga menggunakan teknologi seperti internet dan media robot dalam pembelajaran. Tantangan bagi guru pendidikan jasmani saat ini yaitu menerapkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran dengan berorientasi pada peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan upaya guru pendidkan jasmani dalam melaksanakan pembelajaran berorientasi pada peserta didik di tengah arus kemajuan teknologi pada era society 5.0.  Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara langsung kepada 7 orang guru pendidikan jasmani tingkat SMA di Kabupaten Sleman terkait dengan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.Tahapan penelitian terdiri dari (1) pemilihan topik penelitian, (2) studi literatur, (3) fokus penelitian, (4) pengumpulan data, (5) pengolahan data, (6) analisis data, dan (7) kesimpulan dan saran. Kesimpulan penelitian ini yaitu guru sudah mengupayakan peserta didik agar dapat berpikir kreatif dan kritis melalui pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani.

Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Peserta Didik, Society 5.0 


References

Barus, D. (2019). Model-Model Pembelajaran yang Disarankan untuk Tingkat SMK dalam Menghadapi Abad 21. In: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Peran Teknologi Pendidikan dalam Mengembangkan dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik di Era Revolusi Industri 4.0, 30 November 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

Diva, A., Chairunnisa, A., & Mufidah, T. (2021). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding 1st National Conference on Education, System and Technology Information

Tema Seminar: Entering 5.0 era: IST enhancement for society well-being , 1(1), 1-10.

Gumilar, R., & Hermawan, Y. (2021). Peningkatan Kemandirian Belajar melalui Metode E- Learning, Jurnal Edukasi, 9(1), 71-76.

Lathifah, A., Istikomayanti, Y., & Mitasari, Z. (2021). Kepercayaan Calon Guru sebagai Faktor Keberhasilan Pembelajaran Berpusat pada Siswa, Jurnal Intelegensi, 4(1), 9-18.

Mardhiyah, R., Aldriani, S., Chitta, F., & Zulfikar, M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jurnal Lectura , 12(1), 29-40.

Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0, Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61-66.

Pasaribu, M., & Listiani, T. (2021). Optimalisasi Media Pembelajaran Online dalam Mendorong Keaktifan Belajar Siswa pada Kelas Matematika, JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 44-60.

Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 122-130.

Rahayu, K. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia di Era Society 5.0, Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87-100.

Sabri, I. (2019). Peran Pendidikan Seni di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 342-347.

Sasikirana, V., & Herlambang, Y. (2020). Urgensi Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri dan Tantangan Society 5.0, E-TECH Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(2), 1-7.

Rini, W. (2019). Pembelajaran dengan Pendekatan Student Centered Learning pada Sekolah Minggu, Jurnal Shanan, 3(1), 85-96.

Suja, I. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Makalah Disampaikan pada Seminar Doktor Berbagi dengan tema: “Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Abad XXIâ€. Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Universitas Pendidikan Ganesha, Selasa, 12 November 2019.

Downloads

Published

2022-06-15