EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM UNTUK PENILAIAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Betty Marlina SD Negeri 12 Tanah Abang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan Google Form untuk evaluasi pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang diberikan kepada siswa-siswi kelas IX IPA SMA Negeri 02 Ogan Komering Ulu dengan media Google Form yang disebar melalui Grup Telegram. Data primer yang diperoleh diolah dengan menggunakan perhitungan likert terhadap penggunaan Google Form ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase yang dicapai adalah 76,60% untuk efektivitas penggunaan Google Form untuk evaluasi pembelajaran jarak jauh dan termasuk dalam kategori baik dan dinyatakan bahwa penggunaan Google Form untuk penilaian pembelajaran jarak jauh efektif digunakan.


Kata Kunci : Google Form, Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran Jarak Jauh

References

Ananda, R., & Fadhikaturrahmi. (2017). Evaluasi Pembelajaran IPS Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(October 2017). https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i2.2

B, M. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Jurnal Manajemen Pendidikan, I(36), 257–267

.

Latip, A. E. (2018). Evaluasi Pembelajaran Di Sd Dan Mi Perencanaan Dan Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Autentik. In Rosda.

Marifah, N. (2020). Utilization of Google Form in Madrasah Final Exam in Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Trowulan Mojokerto. Jurnal Diklat Keagamaan, 14, 233–238.

Namira, D. (2021). Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Tematik Berbasis Android Menggunakan Google Formulir di Sekolah Dasar Plus Tahfizhul Quran ( PTQ ) Annida. Jurnal Imiah Kependidikan, 8, 114–123.

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, III(1), 73–86.

Saktiono, M. A. (2019). Penerapan Google Form Untuk Evaluasi Kehadiran Perkuliahan Taruna-Taruni Teknika PDP UHT ( Application of Google Form to Evaluate the Presence Cadets Teknika PDP UHT ) Maxima Ari Saktiono Program Studi Teknika , Program Diploma Pelayaran, Universitas Han. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhan, 9(2), 113–119.

Sawaluddin. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 39–52. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775

Utami, L. wahyu setya. (2021). Penggunaan Google Form dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3).

Downloads

Published

2022-06-16