PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KOMIK MATERI PELUANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA JARAK JAUH DI KELAS VIII.3 SMP NEGERI 4 PEMULUTAN

Authors

  • Zainab Zainab SMP Negeri 4 Pemulutan

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia banyak mengalami perubahan terutama bidang pendidikan sehingga proses pembelajaran berubah dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam program Belajar Dari Rumah (BDR). PJJ mengakibatkan siswa belajar mandiri yang kelas mereka dibuat ke dalam grup maya sehingga mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa selama masa PJJ pada pelajaran matematika materi peluang menggunakan media komik di kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Pemulutan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatn atau observasi secara langsung dan angket yang digunakan untuk melihat minat belajar siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media komik pada materi peluang dapat meningkatkan minat belajar siswa yang terlihat dari hasil observasi yaitu sikus I hanya terdiri dari 45% menjadi 62,56% dan meningkat pada siklus III yaitu 89,92%. Penelitian ini dapat dikembangkan lagi dengan media teknologi lainnya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Minat belajar, media, dan komik.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Batu-Bara dan Yosse Andreas, Zetriuslita, (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan

Media Pembelajaran E-comic Aritmatika Sosial dimasa Pandemi Covid-1 9. Jurnal perivat, Volume 8 No.1 Juli 2021 ISSN: 2549-2616.

Darmayanti, Ni Kadek Dwi dan Abadi, Ida Bagus Gede Surya. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Komik Virtual dalam Muatan Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksh. Vol 9, No 1 (2021) DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481.

Jamal, Fakhrul. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika) Vol. 1, No. 1, Maret-September 2014, hlm. 18 – 36.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2013 Tentang Standar. Kompetensi Lulusan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyatiningsih, Endang. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Putra, Aan dan Milenia, Ines Feltia. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik Dalam Pembelajaran Matematika. Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika. E-ISSN: 2686-5823, P-ISSN: 2722-1466. Vol 3, No 1 (2021). DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951.

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Soal Cerita Matematika pada Materi Peluang. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3 (6), November 2020 ISSN 2614-221X(print) ISSN 2614-2155 (online) pp. 671-678.

Siagian, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science) ISSN: 2528-4363 Vol. 2, No. 1, Oktober 2016. pp 58-67.

Udil, Patrisius A. dan Sangur, Leonsius F. (2020). Penggunaan Media Komik Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 8 Lamba Leda. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, Vol 2 No 1 (2020). Dapat diakses di: https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT/article/view/501

Ujawal, Wardawat; Bani, Asmar; dan La Nani, Karman. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatakan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 7, No.1 (2018). Diakses: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v7i1.1221.

Downloads

Published

2022-06-16