PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PMRI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Paiza Paiza Universitas PGRI Palembang
  • Lusiana Lusiana Universitas PGRI Palembang
  • Ali Syahbana Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk diterapkan pada masa pandemi covid-19 yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development. Implementation, and Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan, kevalidan sebesar 90% dengan kriteria sangat valid. Penilaian kepraktisan diperoleh rata-rata persentase sebesar 82% yang berarti bahan ajar tersebut termasuk kategori praktis dan memiliki efek potensial bahan ajar terhadap hasil belajar dikategorikan tinggi dengan persentase sebesar 83%. Secara keseluruhan hasil pengembangan layak digunakan dan dimanfaatkan  untuk mengatasi kebutuhan bahan ajar dimasa pandemic covid -19 pada materi terkait.

Kata kunci: lembar kerja peserta didik;bangun ruang sisi datar;PMRI


References

Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : IkanJurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendid, 7(4), 281–288. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy

Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis PMRI Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 28–41. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i2.139

Ella, M. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar. Skripsi FKIP Universitas PGRI Palembang, 43.

Friansah, D., Adha, I., & Refianti, R. (2018). Pengembangkan Pocket Book Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.243

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan, 6(1), 40–55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5

Muku, D. A. E., Fadillah, S., & Haryadi, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 159. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1249

Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Etnomatematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 91–101. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.887

Osin, A. E., Sesanti, N. R., & Marsitin, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Aritmatika Sosial. Seminar Nasional, 2, 9–18.

Pebrianingrum, Q. D. A., Krisdiana, I., & Suprapto, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Rigorous Mathematical Thinking ( RMT ) pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP. Prosiding Silogisme, (1)1(85).

Rahmadona, D., Putri, A. D., & Ramury, F. (2021). Pmri Pada Materi Bola Untuk Peserta. 8(1), 71–81.

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276

Riduwan. (2020). Dasar-dasar Statistika. ALFABETA.

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56

Sofiana, E., Roesminingsing, M. R., & Widodo, B. S. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Education and Development, 9(1), 285–293. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2376

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Bumi Askara.

Downloads

Published

2022-06-16