PENERAPAN APLIKASI ZOOM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SELAMA MASA PENDEMI
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterlibatan guru dalam memanfaatkan aplikasi zoom dalam meningkatkan minat belajar siswa selama pandemi. Penelitian ini didasari akibat terjadinya perubahan pada sistem pembelajaran di masa pandemi. Perubahan pada sistem pembelajaran ini menuntut para guru untuk mengajar secara optimal dengan menggunakan aplikasi zoom. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode studi literatur (kualitatif deskriptif). Dengan menggunakan kepustakaan, penulis mengumpulkan data melalui kajian terhadap jurnal, artikel, buku-buku dan karya ilmiah untuk mendukung analisis penulis dalam artikel ini. Hasil yang didapatkan dalam kajian ini menunjukan bahwa dengan mengenal karakteristi zoom, mengaktifkan siswa dan guru mendesain bahan maka hal sangat berdampak positif dalam meningkatkan minat belajar siswa selama belajar di masa pandemi. Dengan penerapan aplikas zoom dalam proses pembelajaran sangat membantu para guru untuk berkomunikasi dan berinterkasi kepada siswa melalu virtual.Â
Kata kunci: Zoom, Siswa, Pandemi, Belajar, Guru, Kreatif, Inovatif, Komunikatif
References
Basa, Zahra Alhumairah, and Hudaidah Hudaidah, ‘Perkembangan Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Pada Masa Pandemi COVID-19’, EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3.3 (2021), 943–50
Dewi, Wahyu Aji Fatma, ‘Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring DDewi, Wahyu Aji Fatma, “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar,†Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.1 (2020), 55–61i Sekolah Dasar’, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.1 (2020), 55–61
Fimansyah, Dani, ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika’, Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3.1 (2015)
Gultom, Sariaman, ‘Kerjasama Orangtua Dan Guru Mendorong Kegiatan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Ilmiah Simantek, 3.4 (2019), 96
Gusty, Sri, Nurmiati Nurmiati, Muliana Muliana, Oris Krianto Sulaiman, Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Melda Agnes Manuhutu, and others, Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 (Yayasan Kita Menulis, 2020)
Halik, Al, and Zamratul Aini, ‘Analisis Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19’, ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3.2 (2020), 131–41
Haqien, Danin, and Aqiilah Afiifadiyah Rahman, ‘Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5.1 (2020) <https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511>
Indiani, Baroroh, ‘Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Dengan Media Daring Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 1.3 (2020), 227–32
Kholid, Kholid, ‘Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru Pada Lembaga Pendidikan Tingkat Dasar Dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar’, Jurnal Horizon Pedagogia, 1.1 (2020)
Ma’ruufah, Maulidyanawati Aqmarina, Rivan Gestiardi, and Ms Chumdari, ‘Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Era Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar’, Jurnal Nalar Pendidikan, 9.1 (2021), 36–42
Mansyur, Abd Rahim, ‘Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia’, Education and Learning Journal, 1.2 (2020), 113–23
Marsiding, Zulfikar, ‘Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2.1 (2020), 33–39
Marwanto, Agung, ‘Pembelajaran Pada Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid 19’, Jurnal Basicedu, 5.4 (2021), 2097–2105
Monica, Junita, and Dini Fitriawati, ‘Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19’, Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9.2 (2020), 1630–40
Mubarak, Mahfuz Rizqi, Nurul Wahdah, Aulia Mustika Ilmiana, and Hamidah Hamidah, ‘Zoom Cloud Meeting: Media Alternatif Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19)’, Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4.2 (2020), 211–26
Naziah, Syifa Tiara, Luthfi Hamdani Maula, and Astri Sutisnawati, ‘Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar’, Jurnal JPSD (Pendidikan Sekolah Dasar), 7.2 (2020), 109–20
NENI, OKTAVIANI, ‘ANALISIS KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU DI ERA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS DI SD ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG’ (UIN Raden Intan Lampung, 2021)
Purwanti, Lusi, Rizki Widyaningrum, and Surya Ayu Melinda, ‘Analisis Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi Animalia Kelas VIII’, Journal of Biology Education, 3.2 (2020), 158–66
SANGKAKALA, S T T, and SEKOLAH TINGGI TEOLOGI SANGKAKALA, ‘DAMPAK MEDIA PEMBELAJARAN ZOOM BAGI MINAT BELAJAR MAHASISWA’, 2020
Syarif, Syarif, and Nur Kholis, ‘Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Menggunakan Zoom: Studi Pada Siswa Kelas 8 SMP Ar-Rahmah Malang’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11.2 (2020), 275–93
Yunitasari, Ria, and Umi Hanifah, ‘Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19’, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.3 (2020), 232–43
Zega, Henilis Yanti, and Talizaro Tafonao, ‘Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi’, Didasko: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1.2 (2021), 98–110