PENERAPAN MPI DALAM MODEL PENGAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI dan HASIL BELAJAR KIMIA
Abstract
Pengajaran jarak jauh maupun tatap muka terbatas telah dilakukan sejak mewabahnya covid-19. Perihal ini menyisakan masalah bagaimana membuat media dan model pengajaran yang efektif agar tidak terjadi learning loss akibat keterbatasan ruang dan waktu pertemuan. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas dengan prosedur yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini di uji cobakan di Kelas XI IPA 2 SMAN 5 Palembang. Penelitian kali ini bertujuan meneliti efektifitas penggunaan media pengajaran interaktif dalam model pengajaran flipped classroom untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia. Hasil analisa dorongan belajar anak didik saat sebelum pemakaian MPI sebesar 25% serta bertambah jadi 94, 4% sehabis penataran memakai MPI pada daur I serta 100% pada sikuls II. Ketuntasan klasikal saat sebelum memakai alat penataran sebesar 41, 67% jadi 83, 33% sehabis memakai MPI pada daur 1 serta 97, 2% pada daur II. Asumsi anak didik kepada pemakaian MPI di percobaan rasio terbatas ataupun rasio besar sebesar 100% mensupport pemakaian alat. Sebaliknya asumsi guru kepada pemakaian alat penataran 100% mensupport. Hasil kelayakan percobaan ahli modul serta ahli alat membuktikan patokan amat pantas dibesarkan.
Kata Kunci : MPI, Flipped Classroom, Kimia
References
Abdul Majid. (2014). Strategi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Agus, Suprijono. (2012). Metode dan Model – Model Mengajar. Bandung :Alfabeta.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pengajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.10 No.3.
Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258-264. doi: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803
Arsyad, Azhar, Media Pengajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002
Asmuni, A. (2020). Problematika Pengajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288. doi: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Kurniawati, Meyla, Harja Santanapurba, and Elli Kusumawati. (2019). "Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom berbantuan Google Classroom dalam Pengajaran Matematika SMP." EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 7.1
Maolidah, IrnaSeptiani, Toto Ruhimat, and LaksmiDewi. (2017). "Efektivitas penerapan model pengajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik." Educational Technologia 1.2.
Mirlanda, Ela Priastuti, Hepsi Nindiasari, and Syamsuri Syamsuri. (2019). "Pengaruh Pengajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Peserta didik Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta didik." Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 4.1: 38-49.
Nurbiologi, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Peserta didik Dalam Pengajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150. doi: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
Rusdi, Dian Evriyani, dan Dwi Khaerunnisa Praharsih. (2016). "Pengaruh model pengajaran peer Instruction flip dan flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem ekskresi." Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi 9.1: 15-19.
Kurnia Dwi Tia., dkk, “Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3d Pageflipâ€, Jurnal, vol.1, no.1, pp.523, 2019.
Muhamad Ali. Pengembangan Media Pengajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektro magnetik. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2009
M. Korber and D. Oesch, “Vocational versus general education: Employment and earnings over the life course in Switzerland,â€Adv. Life Course Res., vol. 40, pp. 1–13, 2019
Nurbiologi, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Peserta didik Dalam Pengajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150. doi: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
S. J. Choi, J. C. Jeong, and S. N. Kim, “Impact of vocational education and training on adult skills and employment: An applied multilevel analysis,â€Int. J. Educ. Dev., vol. 66, no. March, pp. 129–138, 2019.
D. T. P. Yanto, S. Sukardi, and D. Puyada, “Effectiveness of Interactive Instructional Media on Electrical Circuits Course: The Effects on Students Cognitive Abilities,â€Proc. 4rd Int. Conf. Tech. Vocat. Educ. Train., vol. 2017, pp. 75–80, 2017
Majid, A. (2014). Strategi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pengajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Simarmata, A. A. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Peserta didik Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana Vol. 1, No. 1.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D).Bandung: AlfaBeta.
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Peserta didik SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210-215. doi: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732
Suprihati ningrum, Jamil. 2013. Strategi Pengajaran Teoridan Aplikasi. ARRuzz Media.Yogyakarta
Subagia, I. Made. (2017). "Penerapan model pengajaran flipped classroom untuk meningkatkan prestasi belajar ipa peserta didik kelas x ap 5 smk negeri 1 amalapurai. Pendahuluan tahun ajaran 2016/2017." Lampuhyang 8.2: 14-25.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Usmadi, Ergusni. (2019). Penerapan Strategi Flipped Classroom dengan Pendekatan Scientific dalam Pengajaran Matematika pada Kelas XI SMKN 2 Padang Panjang. Jurnal Eksata Pendidikan (JEP). Doi: https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/333
Zaenab, Z. (2021). Kolaborasi Zoom dengan WAG Sebagai Potret Merdeka Belajar pada Masa New Normal di SMK Negeri 4 Gowa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 24-30.doi: https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.312