PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KREATIF TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA N I BELITANG III

Authors

  • Adi Samsul Ma’arif Universitas PGRI Palembang
  • Hetilaniar Hetilaniar Universitas PGRI Palembang
  • Juaidah Agustina Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan media pembelajaran berbasis video kreatif guna menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas yang sesuai dengan kriteria kevalidan dan kepraktisan media pada materi menulis puisi siswa kelas X di SMA Negeri I Belitang III. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model penelitian ADDIE. Prosedur penelitian yang peneliti lakukan meliputi: (1) analysis (analisis), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan angket. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) Media pembelajaran Video Kreatif dengan materi menulis puisi menggunakan model pengembangan ADDIE dinyatakan valid dengan presentasi hasil analisis nilai rata- rata validasi dari validator sebesar 92,39 % dan (2) Media pembelajaran Video Kreatif dengan materi menulis puisi menggunakan model pengembangan ADDIE dinyaakan praktis berdasarkan keaktifan dan antusias para peserta didik saat proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis nilai rata- rata uji coba kepraktisan  dengan nilai sebesar 91,23%


Kata Kunci: Pengembangan Media, Video Kreatif, Materi Puisi.

References

Arwudarachman, D., Setiadarma, W., & Marsudi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Presrasi Belaja Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, III, 237-243.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, III, 116-137.

Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2016). Peran Teknologi Video dalam Flipped Classroom. Dinamika Teknologi, VIII, 15-20.

Gani, E. (2014). Kiat Pembacaan Puisi: Teori dan Terapan. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Hamzah, A. (2019). metode penelitian & pengembangan Research & development. Malang: Literasi Nusantara.

Hetilaniar. H. (2019). Pengaruh Strategi Jumput terhadap Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Wahana Didaktika, XVII, 159-166.

Hudhana, W. D., & Sulaeman, A. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, IX, 31-46.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nelawati. (2018). Pengembangan Modul Materi Bangun Datar Siswa Sd Bercirikan Etnomatematika Di Kabupaten Oku Timur. Skripsi .

Pradopo, R. D. (2014). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers.

Purwanto, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, III, 42-47.

Purwanto, N. (2017). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2020). Dasar- Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rismayanti, R. (2014). Pengembangan Modul Bergambar Sebagai Bahan Ajar Matematika Materi Pecahan Kelas 1V Sekolah Dasar. Jakarta: Skripsi Universitas Negeri Jakarta.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sulepi. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint pada mata pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang . Palembang: Skripsi Universitas PGRI Palembang.

Sulistianto, E. (2015). Belajar Menulis Puisi. Yogyakarta: Writing Revolution.

Warsita, B. (2011). Pendidikan Jarak Jauh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wicaksono, H., Roekhan, & Khasanah, M. (2018). Pengembangan Media Permainan Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi bagi Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan, III, 223-228.

Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2022-06-16