PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI PMRI BERBANTUAN E-LEARNING DI MASA COVID-19 PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Jayanti Jayanti Universitas PGRI Palembang
  • Jumroh Jumroh Universitas PGRI Palembang
  • Ernawati Ernawati Universitas PGRI Palembang
  • Nur Endah A Universitas PGRI Palembang

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa PGRI dalam menyelesaikan pembelajaran pembuatan bahan ajar matematika geometri berkonteks PMRI. Penelitian ini dilakukan di Universitas PGRI Palembang melalui berbantuan E-Learning SISFO Universitas PGRI Palembang pada kelas 5G PGSD. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode deskriftif kualitatif. Sumber data adalah mahasiswa yang diminta untuk membuat bahan ajar dengan menggunakan metode PMRI. pada pertemuan pertama 32% yang sudah mendekati bahan ajar benar, pada pertemuan ke 2 mahasiwa sudah sedikit memahami tentang pembelajaran tersebut sehingga ada penambahan dalam persen menjadi 50%,sehingga masih 15% yang belum sedikit mengerti tentang pebuatan bahan ajar PMRI ini, pada minggu selanjutnya sudah hampir 95% mengerti tentang bahan ajar matematika melalui PMRI ini. Hasil pembelajarannya menggunakan dokumentasi dan angket hasil dalam pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran PMRI di matakuliah Pengembangan Pembelajaran matematika SD.


Kata Kunci: Pembelajaran, PMRI, E-learning

References

Amin hasan,2021,Pengertian, Karakteristik Dan Manfaat E-Learning, http://www.smkbkujkt.sch.id/read/16/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-eLearning

Ananda, rizki (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar . E-ISSN : 2579-9258 Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN : 2614-3038 Volume 2, No. 1, Mei 2018, pp. 125-133 125 Url: https://media.neliti.com/media/publications/269828-penerapan-pendekatan-realistics-mathemat-7131664e.pdf

Andinasari, jayanti, Wasiran. Learning Design Proportion Using Tangram Contex binders Scopuz IOP. Published under license by IOP Publishing Ltd. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1480. (2019).

Anna Fauziah, dkk (2020) Mengembangkan lingkungan pembelajaran pmri melalui Studi pelajaran guru pra-pelayanan guru SD ISSN 2087-8885 E-ISSN 2407-0610, Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 11, No.2, Mei 2020, hlm. 193-208193

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dai, D., & Lin, G. (2020). Online Home Study Plan for Postponed 2020 Spring Semester during the COVID-19 Epidemic: A Case Study of Tangquan Middle School in Nanjing, Jiangsu Province, China. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3555539

Elyas, Ananda Hadi. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran . Jurnal Warta Edisi : 56 April 2018 | ISSN : 1829 - 7463 Universitas Dharmawangsa

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gravemeijer K, Stephan M, Julie C, Lin FL dan Ohtani M 2017 Jurnal Internasional

Pendidikan Sains dan Matematika 15 105.

Halim, humairah Nur & Rahma. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Education Journal Volume 2 Nomor 2, Desember 2020 e-ISSN 2715-1190||p-ISSN 2715-8292 DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777

Hanum Sulistyo. (2013), Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PPs Universitas Negri Yogyakarta

Indah Setyo Wardhani,2019, Geometri Dan Permasalahannya Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis),vol 3 (1) di publis 3 feb 2020

Jayanti dan Marhamah, (2021). Learning Number Based Theory on Edmodo Using the Context PMRI of the Palembang PGRI Building and Apam Cake. Corresponding Author ; Jayanti Available Online 2 January 2021. DOI https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.166

Jayanti & Jumroh (2021). Improvement of Prospective Teacher Mathematics Reasoning Ability Using Numeration Assisted E-Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 10(1), 2021, 130-139 DOI : 10.25273/jipm.v10i1.10347

Jones, K., & Sharma, R. (2019). REIMAGINING A FUTURE FOR ONLINE LEARNING.Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020).

Kusman, Ade. (2011). lentera pendidika n vol 14 no 1 juni 2011 : 35-512

Michael Fernandez) , Kristoforus Djawa Djong) , Wilfridus B. N Dosinaeng) , Irmina V Uskono) , Aloysius Joakim Fernandez) , Meryani Lakapu),2020, PEMBELAJARAN GEOMETRI BIDANG DAN RUANG BERBASIS ETNIS TIMOR,vol 3(2)

OECD. (2016b). Keterampilan Penting: Hasil lebih lanjut dari survei keterampilan orang dewasa, tabel hasil . Paris: Penerbitan OECD. https://doi.org/10.1787/9789264258051-9-en

Putri, R.I.I, Dolk, M., & Zulkardi. (2015). Profesional Development of PMRI Teacher for Introducing Sosial Norms. IndoMS. J.M.E, 6(1), 11-19.

Rahmasari, G. dan Rita, T. (2012). Elearning Pembelajaran Jarak Jauh untuk SMA. Yrama Widya: Bandung

Sato, M. (2014a). Dialog dan Kolaborasi Sekolah Menengah : Sebuah Praktek Komunitas Belajar. Jakarta: Pelita-JICA.

Saraswati, Putu Manik &Agustika, Ngurah Rai. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Hots Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 4, Number 2, 2020 pp. 257-269 P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN : 2549-6174 Open Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index

Soraya Faridah, dkk (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Matematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas Iv SDN Rawajati. DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jpsd.v5i1.12569

Suryani nababan,2020, Jurnal artikel Geometri Bidang dan Ruang, Jurnal artikel Geometri Bidang dan Ruang di akses 6 november 2021

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiwin hartanto,2020. Penggunaan E-learning sebagai media pembelajaran, jurnal, https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/download/3438/2696/

Wiranda, T., & Adri, M. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. VoteTEKNIKA (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 2302– 3295

Zhou, L., Li, F., Wu, S., & Zhou, M. (2020). “School’s Out, But Class’s Onâ€, The Largest Online Education in the World Today: Taking China’s Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control as An Example. Largest Online Education in the World Today,4 (2), 501–519. https://doi.org/10.15354/bece.20.ar023.KeywordsZhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19: Immediate Responses and Long-Term Visio ns.

Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19 : Immediate Responses and LongTerm Visions

Zulkardi, Z. (2002). Developing a Learning Environment on Rmealistic Mathematics Education for Indonesian Students Teachers. Enschede : Doctoral Dissertation, University of Twente.

Zulkardi et al 2021. Designing PISA-like task on uncertainty and data using Covid-19 context. J. Phys.: Conf. Ser. 1722 012102

Downloads

Published

2022-06-16