PEMAHAMAN SISWA TERHADAP NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KECAKAPAN DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Husnil Kirom SMP Negeri 1 Indralaya Utara
  • Kiki Aryaningrum Universitas PGRI Palembang

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai Pancasila melalui kecakapan digital pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-C berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data observasi dianalisis deskriptif kualitatif, angket dianalisis dengan skala likert, tes hasil belajar dengan uji normalitas pretest dan post test, data dokumentasi berupa foto dan video pembelajaran berbasis digital. Hasil observasi ada 25 orang (78,12%) memiliki sikap sosial yang baik, hasil angket 20 orang (62,50%) menjawab sangat sering terkait kecakapan digital, tes hasil belajar ada 22 orang (68,75%) tuntas KKM, dokumentasi menggambarkan aktivitas kecakapan digital siswa memahami nilai-nilai Pancasila. Kesimpulannya peserta didik memiliki pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila melalui kecakapan digital mengakses, mengeksplorasi, mengelaborasi, dan menyeleksi berita, informasi, dan materi pembelajaran PPKn masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Indralaya Utara.


Kata Kunci: Kecakapan Digital, Nilai-nilai Pancasila, Pembelajaran PPKn

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Santi Indra dkk. 2021. Modul Budaya Bermedia Digital. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo, Japelidi, Siberkreasi).

Budimansyah, Dasim. 2009. Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Bandung: Sekolah PPs UPI.

Kementerian Pendididikan dan Kebudayaan. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas VIII Edisi Revisi. Jakarta: Kemendikbud RI.

Mahardika, Ahmad Gelora. 2018. “Menggali Nilai-Nilai Kebangsaan Dalam Pancasila Sebagai Groundnorm Negara Kesatuan Republik Indonesiaâ€. AHKAM, Volume 6, Nomor 2, November 2018: hal. 267-292.

Mustikaningtyas, Dhyah. 2018. “Studi Fenomenologi Mengenai Konsumsi Pesan Audiens Instagram Dari Hasil Filter Bubble Media Sosial Instagramâ€. Tesis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Yogyakarta.

Nurhajati, dkk. 2019. Panduan Menjadi Jurnalis Warga yang Bijak Beretika. Jakarta : Penerbit LP3M LSPR.

Rahmayanti, Esty. 2020. Penguatan Literasi Digital untuk Membentuk Karakter Kewarganegaraan Digital melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Prosididng Seminar Nasional Kewarganegaraan, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Vol. 2. 29 Juni 2020. ISSN: 271-467X. Hal. 79-86.

Ruseffendi, E. T. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Traksaksi Elektronik (ITE).

Winarno. 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra, Udin S dan Dasim Budimansyah. 2007. Civic Education konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: Sekolah PPs UPI.

Downloads

Published

2022-06-16