OPTIMALISASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI MASA PANDEMI

Authors

  • Muzanip Alperi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bengkulu

Abstract

Ancaman COVID-19 masih harus diwaspadai agar tidak terjadi gelombang pandemi berikutnya. Pembelajaran jarak jauh sebuah alternatif yang pakai. Tujuan tulisan ini adalah untuk memberikan solusi pembelajaran jarak jauh (PJJ) di era pandemi COVID-19 berjalan lebih baik lagi. Dalam penelitian ini digunakan kajian pustaka dari berbagai literatur seperti buku, artikel ahsil penelitian  yang berkaitan dengan pembelajaran jarak jauh dan literatur pendukung lainnya. Kajian yang dibahas didukung teori yang mendukung penyelesaian masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan Guru sebagai perencana sentral keberhasilan pembelajaran jarak jauh. Guru perlu melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk orang tua, forum guru, pengembang teknologi pembelajarana, dan pihak terkait lainnya. Tahapan yang perlu dioptimalkan adalah analisis situasional, perencanaan pembelajaran, penentuan model dan media pembelajaran, dan ketepatan media evaluasi. Jika tahapan tersebut berjalan dengan baik, proses dan hasil pembelajaran jarak jauh akan semakin baik.

. 

Kata kunci:Pembelajaran Jarak Jauh, Memaksimalkan Pembelajaran, Langkah Pembelajaran yang Tepat

References

Adi, N. S., Oka, DN., & Wati, NM. S. (2021). Dampak Positif danNegatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803

Alperi, M. (2020). PERAN BAHAN AJAR DIGITAL SIGIL DALAM MEMPERSIAPKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479

Alperi M, Riyanto R, Sapri, J., Alexon, A., & Handayani, D. (2021). Analysis of the Implementation of Distance Learning in the COVID-19 Pandemic New Normal Era.International Journal of Asian Education, 2(2),120-128. https://doi.org/10.46966/ijae.v2i2.172

Dirjen GTK Kemdikbud. (2020). Panduan PJJ. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Petunjuk Bagi GURU selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan semangat Merdeka Belajar. Jakarta: Kemdikbud Press.

Harding A, Kaczynski D, & Wood L.N. (2005). Evaluation of Blended Learning: Analysis of Quantitative Data, Uniserve Science Blended Learning Symposium Proceedings . Halaman 56-72

Indiani B. (2020). Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Dengan Media Daring Pada Masa Pandemi COVID19. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 1(3), 227-232. Retrieved from https://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/55

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 03(2).

Karuru P. (2013). Pentingya Kajian Pustaka Penelitian. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,2(1).

LPMP Bengkulu. 2020. Hasil Supervisi. Laporan Seksi FPMP:Bengkulu

Merdeka.com. (2021). Kilas Balik Kasus Perdana COVID-19 di Indonesia. https://www.merdeka.com/trending/kilas-balik-pertama-kali-kasus-covid-19-muncul-di-ri-diumumkan-langsung-presiden.html

Permendikbud Nomor .22 Tahun .2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Dikdasmen. BNSP: Jakarta

Prasetyaningtyas, S. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Prakarya dengan Penerapan Blended Learning melalui Kegiatan Tilik Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.204

Sabaniah S., Ramdhan D. F., & Rohmah S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77

SE Kemendikbud nomor 14 . 2019. SE Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhaan Perencana Pelaksanaan Pembelajaran. Mendikbud: JKT

Semler S. (2005). Use Blended Learning to Increase Learner Engagement and Reduce Training Cost. Dilihat pada 10 November 2021.http://www.learningsim.com/content/Isnews/blended_learning.html

Supriyadi, S.(2020). Pengaruh Kemandirian serta Dukungan Orangtua Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Dimasa Pandemi Covid19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4(2). https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.434

Yohanis M. L., Fridani L., & Sumadi T. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Pendidikan Anak Usia Dini.Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1116

Downloads

Published

2022-06-16