3TANTANGAN DAN PELUANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pendidikan tetap berjalan walaupun di masa pandemi. Peserta didik belajar dari rumah, dan tantangan bagi guru dalam menyiapkan pembelajaran dengan mempergunakan peluang yang ada. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana peran sekolah, orang tua, serta masyarakat dalam menghadapi tantangan dan peluang pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data melalui literatur buku dan hasil penelitian yang relevan, dengan instrumen adalah peneliti sendiri (human instrument). Analisis penelitian menggunakan analisis induktif. Hasilnya adalah guru mengembangkan potensi diri, banyak belajar untuk menguasai IT agar dapat berinovasi. Orang tua selain sebagai guru kedua, juga melakukan pengawasan, menyiapkan fasilitas belajar anak, mendampingi, dan sekaligus dapat berkomunikasi secara intensif antar orang tua dan anak. Selanjutnya peran masyarakat menyediakan jasa internet untuk kelancaran penggunaan platform yang dapat diakses, dipelajari secara mandiri atau melalui webinar dan workshop.
Kata kunci: Tantangan, Peluang, PandemiReferences
Astriani, Y., & Marzuki, I. (2021). PJJ: Digital Transformasi Daring pada Evaluasi Pendidikan di Era Pandemi Covid-19. Rausyan Fikr, 17 (1), pp. 76-82.
Astuti, I. Y., & Harun. (2021). Tantangan Guru dan Orangtua dalam Kegiatan Belajar dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2), pp. 1441-1463.
Fajrillah, & Dkk. (2020). MOOC: Platform Pembelajaran Daring di Abad 21. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Febriyanti, R. H., & Sundari, H. (2020). Penerapan Penggunaan Platform dalam Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Daring. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2 (1), pp. 17-27.
Gusty, S., & Dkk. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Hadi, F., Syafi'i, A., & Isgandi, Y. (2020). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Daring Interaktif bagi Guru-guru SD AI Islam Morowudi, Gresik. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (2), pp. 142-149.
Hamidy, A. (2021). Zoom Meeting vs Google Classroom: Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Paltform Pembelajaran. Tarbiyah wa Ta'lim: JUrnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8 (1), pp. 61-68.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang tua dalam mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4 (2), pp. 71-81.
Ilham, R. (2020). Penugasan Menyenangkan di Masa Pandemi Covid-19. Surabaya: LPMP Jawa Timur (Tidak Diterbitkan).
Indrajit, E. (2020, Juni 09). 5 Langkah Susun Strategi Pendidikan di Masa Depan Pasca Pandemi. Retrieved from edukasi.kompas.com: https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/09/180742171/5-langkah-susun-strategi-pendidikan-di-masa-depan-pasca-pandemi
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2 (1), pp. 76-84.
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Efektifitas pembelajaran menggunakan Video zoom Cloud meeting pada Anak usia dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), pp. 665-675.
Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. P. (2021). Integrasi Nilai-nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus. Gatra Nusantara: Jurnal Politik Hukum, Sosial Budaya dan Pendidikan, 19 (1), pp. 62-70.
Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Didaktis; Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17 (1), pp. 23-35.
Jaya, H. N., Idhayani, N., & Nasir. (2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2), pp. 1566-1576.
Kurniati, E., Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), pp. 241-256.
Lubis, M. A. (2021). Peluang dan Tantangan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Surabaya: Global Aksara Press.
Masrul. (2020). Transformasi Media dan Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. In J. A, & Dkk, Belajar dari Covid-19: Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum, Kebijakan dan Pendidikan (pp. 95-104). Medan : Yayasan Kita Menulis.
Mastuti, R. (2020). Teaching From Home sebagai Alternatif Model Pembelajaran. In R. Mastuti, & Dkk, Teaching From Home: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar (pp. 1-7). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. (2020). Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19, Studi Kasus pada Mahasiswa IBI Kesatuan. JAS-PT: Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 4 (1), pp. 47-56.
Murniasih, E., Shopian, I., & Istiningsih. (2019). 101 Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan. Semarang: AlPRIN.
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2021). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), pp. 177-186.
Roysa, M., & Hartani, A. (2020). Aplikasi Daring Quizziz Sebagai Solusi Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemi. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13 (2), pp. 315-326.
Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27 (2), pp. 230-249.
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna, 3 (2), pp. 286-311.
Sambayu, H., Gulyanto, B., & Dailami. (2021). Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring Masa Pandemi Virus Covid-19 di Desa Lestari Kecamatan Buntu Pane. Rambate: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), pp. 144-150.
Simarmata, J., & dkk. (2020). Pendidikan di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan Yayasan Kita Menulis. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Subakti, H., & dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran. Medan: Yayasan KIta Menulis.
Sutar, Fajarwati, D., & Marhayuni, F. (2021). Pembentukan Karakter Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud RI.
Syahfitri, D. S., & Ginola, A. S. (2021). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Masa Pandemi. In T. F. Rahmawati, & dkk, Pembelajaran untuk Menjaga Ketertarikan Siswa di Masa Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Biologi) (p. 369). Yogyakarta: UAD Press.
Yaniawati, R. P. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan (Library Research). Bandung: fkip Universitas Pasundan.
Zahra, A. S., & Wijayanti, S. (2020). Efektifitas Pembelajaran Basis Online di IAIN Tulung Agung dengan Adanya Kebijakan Physical Distancing Era Pandemi Covid 19. Jurnal GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 8 (1), pp. 83-89.