IMPLEMENTASI ANALISIS JABATAN PADA AKTIVITAS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI (Studi kasus Percetakan Timi bersaudara)

Authors

  • Yasir Arafat Universitas PGRI Palembang
  • Tri Darmawati

Abstract

Perusahaan didirikan guna menjalankan setiap jenis usaha dengan tujuan memperoleh keuntungan. Sumber daya manusia  menjadi penyebab  yang menentukan maju mundurnya pada perusahaan.  Kinerja pegawai yang baik adalah pegawai yang efektif dan efisien. Dalam mencari karyawan dengan kinerja yang efesien dan efektif diperlukan perencanaan pegawai. Perencanaan pegawai yang baik diawali dengan implementasi analisis jabatan. Lokasi penelitian adalah Percetakan Timi Bersaudara, dengan metode penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, sehingga peneliti mengumpulkan data melalui teknik observasi peserta, dokumentasi dan wawancara mendalam. Selain itu dilakukan pengecekan keabsahan data dan teknik analisis data tunggal yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari informasi yang ada dapat disimpulkan Percetakan Timi Bersaudara sudah mengimplementasikan analisis jabatan dalam aktivitas manajemen sumber daya manusia, hal ini terlihat dari adanya deskripsi pekerjaan dan bentuk organisasi yang jelas sehingga uraian tugas, tanggung jawab, kondisi kerja, dan aspek-aspek pendukung lainnya. Selain itu spesifikasi pekerjaan berupa persyaratan atau karakteristik orang yang dibutuhkan dalam melaksanakan pekerjaan juga sudah ada standar yang ditentukan perusahaan. Dengan kata lain tingkat standar  pendidikan, pengalaman, keahlian yang dibutuhkan sudah ditentukan oleh perusahaan. Ketiga komponen tersebut telah dapat diimplementasikan dengan baik pada perusahaan sehingga menjadi basis data dalam melakukan perencanaan pegawai saat ini maupun dimasa yang akan datang.


Kata kunci: Analisis jabatan, aktivitas manajemen sumber daya manusia, perencanaan, dan kinerja.

References

Arismunandar, M., & Khair, H. (2020, September). Pengaruh Kompensasi, Analisis Jabatan dan Pola Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Volume 3(Nomor 2), 273–282.

Dewi, S. (2018). Mengenal Doktrin dan Prinsip Piercing the Corporate Veil. Soumatera Law Review, Volume 1(Nomor 2), 380-399.

Dzulfadhli, Maldun, S., & Juharni. (2018, Desember). Manajemen Sumber Daya Manusia pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, Volume 1(Nomor 1), 7-14.

Hanafi, A. S., Bahri, S., & Majid, M. A. (2018, Juni). Pengaruh Struktur Organisasi dan Analisis Jabatan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai (Studi pada SMK SMTI Kementerian Perindustrian di Indonesia). Jurnal MONEX, Volume 7(Nomor 2), 385-391.

Hasibuan, M. S. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, N., & Dewi, A. (2021, Februari). Pemetaan Analisis Jabatan dan Penilaian Kinerja sebagai Dasar Pengembangan Sistem Remunerasi. Berdikari Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Volume 9(Nomor 1), 77-86.

Istiwahyuningsih, T. (2019, Oktober). Analisis Jabatan, Beban Kerja dan Perhitungan Kebutuhan Pegawai di Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 26(Nomor 2), 304-318.

Kurniawati, E. (2018). Pelaksanaan Analisa Jabatan Pada Universitas Islam Kadiri. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), Volume 3(Nomor 3), 139-154.

Rivai, V. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke-6. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sastrohadiwiryo, S. (2013). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Akasara.

Siagian, S. P. (2012). Manajemen Stratejik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wukir. (2013). Manajemen Kinerja. Depok: PT. Raja Grafindo.

Yulyanti, E., & SAP, E. N. (2018, April). Pengaruh Analisis Jabatan dan Desain Pekerjaan Terhadap Perencanaan SDM pada PT.Ultra Jaya and Trading Company,TBK. Jurnal Manajemen dan Bisnis (ALMANA), Volume 2(Nomor 1).

Downloads

Published

2022-06-16