PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dewi Handayani Universitas Bengkulu
  • Vera Dwi Alfina Universitas Bengkulu

Abstract

Berbagai solusi yang dikembangkan atau yang diterapkan pada masa pandemi covid 19. Mungkin proses pendidikan sangat terdampak, bagaimana tidak semua kegiatan pendidikan diarahkan ke rumah pada saat pandemi ini menyerang. Laboratorium adalah salah satu media belajar yang cukup penting dan cukup terganggu  penerapannya pada masa pandemi covid ini.  Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk menegetahui sejauh mana penerapan laboratorium virtual dan melihat sudah seefeketif apakah penggunaan dari laboratorium virtual tersebut. Alasan tersebut yang membuat peniliti berkeinginan untuk membuat penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis kepustakaan dan sifatnya kualitatif, artinya metode yang digunakan pada percobaan ini adalah studi literatur terkait dengan teori dan konsep laboratorium virtual.  Data yang tertuang pada penelitian ini diperoleh dari artikel ataupun sumber pustaka yang lain yang disajikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini  menunjukan bahwasanya penggunaan laboratorium virtual sudah sangat lazim serta kefektifan yang ditimbulkan tergantung faktor pendukung seperti pengetahuan siswa mengenai teknologi, kualitas signal dan sebagainya. 

Kata Kunci :Laboratorium virtual, media pembelajaran, keefektifan pembelajaran

References

Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1, 57.

Gunawan, A. H., Sahidu, H., & Herayanti, L. (2017). Virual Laboratory Of Electricity Concept To Improve Prospective Physics Teachers’ Creativity. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 13 (2).

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia,Vol.2, No.2.

Jaya, H. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum Dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 1.

Lutfi, A., & Sukarmin. (2009). Efektifitas Pelatihan Laboratorium Virtual Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Kimia. Edusains. Volume 11 Nomor 02.

Maulidah, S. S., & Prima, E. C. (2018). Using Physics Education Technology as Virtual Laboratory in Learning Waves and Sounds. Journal of Science Learning, 116.

Mirdayanti, R., & Murni. (2017). Kajian Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Simulasi Sebagai Upaya Mengatasi Ketidak-Sediaan Laboratorium. Jurnal Visipena Volume 8 Nomor 2.

Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi Vol. 3, No. 2, 77.

Nirwana, R. R. (2011). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Dan E-Reference Dalam Proses Pembelajaran Dan Penelitian Ilmu Kimia. Jurnal Phenomenon, Volume 1 Nomor 1, 116.

Prieto-Blázquez, J., & Herrera-Joancomartí, J. (2009). A Virtual Laboratory Structure for Developing Programming Labs. iJET – Volume 4, Special Issue 1.

Sari, I., Sinaga, P., Hernani, & Solfarina. (2020). Chemistry Learning via Distance Learning during the Covid-19 Pandemic. Journal Of Education and Teacher Training.

Suprijono, A. (2020). Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal. IAIN Parepare Nusantara Press.

Widowati, A., Nurohman, S., & Setyowarno, D. (2017). Development of Inquiry-Based Science Virtual Laboratory for Improving Student Thinking Skill of Junior High School. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, IV (2).

Yurianto, Ahmad, & Wibowo, B. (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina.

Downloads

Published

2022-06-16