MENELUSURI PROBLEMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI
Abstract
Merebaknya virus COVID-19 membawa pengaruh negatif bagi seluruh aspek kehidupan masyarakat, seperti kemerosotan dari perekonomian masyarakat. Selain itu, pandemi juga berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia. Pengimplementasian pembelajaran online tidak terlepas dari beragam perdebatan, tidak hanya menyangkut sarana dan prasarana tetapi juga menyangkut tujuan dari pendidikan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali permasalahan pengaplikasian pembelajaran selama masa pandemi dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Studi literatur ini bertujuan untuk menguraikan kesulitan belajar online yang dirasakan oleh pendidik, peserta didik, dan orang tua peserta didik selama wabah COVID-19 dan solusi yang harus diselesaikan mereka. Data diuraikan secara kualitatif dengan interaksi model, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Buku teks berbentuk cetak maupun artikel online dari website jurnal berkala, peraturan perundang-undangan, dan sumber signifikan lainnya menjadi sumber data penelitian ini. Adapun masalah yang dihadapi yaitu siswa mengalamiketerbatasan perangkat seperti gadget atau komputer, kurang antusias untuk mengikuti online pembelajaran, tidak adanya akses internet, besarnya biaya kuota internet.
Kata kunci: problema, pembelajaran, daring, pandemi.
References
Ahmad, I. F (2020). Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of Coronavirus Disease ( Covid-19 ). Jurnal Pedagogik, 7(1), 195–222
Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 28–38.
Dabbagh, N., & Bannan-Ritland, B. (2005). Online Learning: Concepts, Strategies, and Application. Upper Saddle River, NJ.: Pearson/Merrill/Prentice Hall.
Daulay, S. H., Daulay, N. K., Daulay, A. H., Reflina, R., Maysarah, S., & Khairunnisa, D. (2021). Online Learning Problems in the Covid-19 Pandemic for English Education Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2373-2380. https://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/779
Daulay, SH., Faridah, F., Shaumiwaty, S., & Kurniati, E. Y. (2021). How to Enlarge Students’ Literacy Culture in the Digital Era?. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 80-84. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1143
Daulay, SH. (2021). Literasi Digital: Pentingkah Di Masa Pandemi Covid-19? . In A.Wijayanto, AW.Kurniawan, Muhajir & Yulianti (Eds.), Waktunya Merdeka Belajar (pp. 179–188). Tulungagung: Akademia Pustaka
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education.
Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78–86
Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.
Putri, R. Setyowati. et al. (2020). Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Home Learning: An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29 (5), pp. 4809–4818.