PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sukardi Sukardi Universitas PGRI Palembang
  • Nur Ahyani Universitas PGRI Palembang
  • Nurlina Nurlina Universitas PGRI Palembang

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, khususnya dalam bidang pembelajaran sejarah. Guru diharuskan memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menguasai teknologi digital. Dimana dalam masa pandemi COVID-19 ini mendesak pembelajaran jarak jauh yang hampir dilakukan secara global diseluruh dunia. Sebelumnya, pembelajaran sejarah selalu dikaitkan dengan pembelajaran yang terfokus pada tempat kejadian dan sumber sejarah masa lalu misalnya, studi karya wisata, kunjungan pelatihan, studi banding, dan bermain peran. Pembelajaran sejarah tersebut tidak bisa lagi dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19 karena pembelajaran sejarah terbiasa dilaksanakan dengan tatap muka dan menghadapi fenomena di lapangan yang terjadi di masa lalu sehingga menjadi problematika bagi guru sejarah. Pembelajaran sejarah selalu dilaksanakan secara tatap muka dan dilakukan di lapangan. Oleh karena itu, pada masa pandemi ini  guru dan siswa harus mulai terbiasa dengan pembelajaran secara online/daring. Tujuan penelitian lini lsebagai ltinjauan lumum lterkait lproblematika lguru ldan lsiswa ldalam lpembelajaran lsejarah lpada lmasa lpandemi lCOVID-19. lPenelitian lini lmenggunakan lmetode lkualitatif l ldengan lmempelajari lfenomena-fenomena lsosial. lIni lmenjadi ltantangan lbagi lguru lmaupun lsiswa luntuk lmenguasai lberbagai lskill ldi ldunia ldigital, lmisalnya ladalah lpenggunaan lmedia le-learning, lgoogle lclassroom, lgoogle lmeet, lzoom lmeeting, lwhatshapp luntuk lmendukung lkegiatan lpembelajaran lyang lefektif ldan lefisien ldi lera lpandemi lCOVID-19 sehingga problematika dalam pembelajaran sejarah dapat diselesaikan. 


Kata kunci: Problematika, Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Online, Pandemi COVID-19

References

Asmuni, lA. l(2020). lProblematika lPembelajaran lDaring ldi lMasa lPandemi lCovid-19 ldan lSolusi lPemecahannya. lJurnal lPaedagogy, l7(4), l281–288.

Haqien, lD., l& lRahman, lA. lA. l(2020). lPemanfaatan lzoom lmeeting luntuk lproses lpembelajaran lpada lmasa lpandemi lcovid-19. lSAP l(Susunan lArtikel lPendidikan), l5(1).

Hasan, lS. lH. l(2019). lPendidikan lsejarah luntuk lkehidupan labad lke-21. lHISTORIA: lJurnal lPendidik lDan lPeneliti lSejarah, l2(2), l61–72.

Indonesia, lG. lT. lP. lP. lC.-19. l(2021). lPenanganan lCovid-19.

Komariah, lA. l(2014). lMetodologi lpenelitian lkualitatif.

Kompas. l(2020). lWHO lResmi lSebut lCOVID-19 lsebagai lPandemi lGlobal. lhttps://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global?page=all

Liu, lS.-L., l& lSaif, lL. l(2020). lEmerging lviruses lwithout lborders: lthe lWuhan lcoronavirus. lMultidisciplinary lDigital lPublishing lInstitute.

Nafrin, lI. lA., l& lHudaidah, lH. l(2021). lPerkembangan lPendidikan lIndonesia ldi lMasa lPandemi lCovid-19. lEdukatif: lJurnal lIlmu lPendidikan, l3(2), l456–462.

Najuah, lN., lSidiq, lR., l& lHastuti, lP. l(n.d.). lAnalisis lPembelajaran lSejarah lBerbasis lE-Learning ldi lSumatera lUtara lpada lMasa lPandemi lCovid-19. lBuddayah: lJurnal lPendidikan lAntropologi, l3(1), l12–23.

Puspitasari, lA., l& lNoor, lT. lR. l(2020). lOptimalisasi lManajemen lPembelajaran lDaring ldalam lMeningkatkan lAdversity lQuotient l(AQ) lSiswa lSelama lPandemi lCovid-19. lJurnal lElkatarie: lJurnal lIlmu lPendidikan lDan lSosial, l3(2), l439–458.

Saputra, lA. lD. l(2021). lModel lPembelajaran lSejarah lNasional lBerbasis lE-Learning lDalam lMembentuk lKarakter lNasionalis. lPROSIDING lPEKAN lSEJARAH, l1(1), l8–15.

Sugiyono, lD. l(2013). lMetode lpenelitian lpendidikan lpendekatan lkuantitatif, lkualitatif ldan lR&D.

Suparjan, lE. l(2019). lPendidikan lSejarah lUntuk lMembentuk lKarakter lBangsa. lDeepublish.

Susanto, lH., l& lAkmal, lH. l(2019). lMedia lPembelajaran lSejarah lEra lTeknologi lInformasi l(Konsep lDasar, lPrinsi lAplikatif, ldan lPerancangannya). lFKIP lUniversitas lLambung lMangkurat.

Susilo, lA., l& lSarkowi, lS. l(2018). lPeran lGuru lSejarah lAbad l21 ldalam lMenghadapi lTantangan lArus lGlobalisasi. lHistoria: lJurnal lPendidik lDan lPeneliti lSejarah, l2(1), l43–50.

Susilo, lA., l& lSofiarini, lA. l(2020). lPembelajaran lSejarah lOnline lMahasiswa lSTKIP lPGRI lLubuklinggau ldi lMasa lPandemik lCovid l19. lKaganga: lJurnal lPendidikan lSejarah lDan lRiset lSosial-Humaniora, l3(1), l24–32.

Sutopo, lE. lY., l& lSlamet, lA. l(2017). lStatistik lInferensial. lPenerbit lAndi.

Downloads

Published

2022-06-16