Apa itu pertanian skala kecil?

Di Indonesia, tidak ada definisi yang jelas tentang apa itu pertanian skala kecil, meskipun itu adalah pertanian dalam skala yang lebih kecil, seperti namanya. Skalanya bisa berkisar dari blok rumah pinggiran kota yang besar hingga sekitar 10 hektar.

Pertanian skala kecil dibedakan tidak hanya oleh jumlah lahan yang mereka tempati. Mereka juga dikenal menggunakan teknologi mahal dengan hemat dan mengikuti standar pertanian organik secara ketat.

Sampai saat ini, sebagian besar pertanian organik skala kecil terutama untuk konsumsi pribadi. Pertanian skala kecil tidak dapat menjadi satu-satunya sumber pendapatan petani karena hasil yang lebih buruk dan biaya produksi yang jauh lebih tinggi (setidaknya jika dibandingkan dengan pertanian skala besar konvensional modern). Pertanian skala kecil, di sisi lain, menjadi lebih layak secara ekonomi karena permintaan akan barang-barang organik yang ditanam secara lokal telah melonjak.

Apa itu Pertanian Organik dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pertanian organik Mitra Usaha Tani adalah pendekatan seluruh sistem yang berfokus pada pencegahan masalah daripada mengobatinya setelah terjadi. Karena tidak ada perbaikan cepat dalam pertanian organik, perencanaan dan persiapan yang cermat sangat penting untuk kesuksesan.

Tulang punggung pengendalian hama dan penyakit dan pengelolaan nutrisi di pertanian harus mencakup desain pertanian/rotasi, pelestarian dan peningkatan keanekaragaman hayati, perhatian terhadap detail, varietas/bibit tahan, dan kesehatan tanah.

Pendekatan gabungan ini tidak akan menghilangkan hama dan penyakit, tetapi akan membantu menjaganya pada tingkat yang tidak merusak secara ekonomi. Tanah yang sehat mengarah ke tanaman yang sehat, yang mengarah ke hewan yang sehat, yang mengarah ke manusia yang sehat; dengan demikian, nilai pengelolaan tanah yang efektif tidak boleh diabaikan.

Jika dan ketika masalah muncul, sejumlah terbatas 'kontrol dalam botol' yang sesuai secara organik tersedia, tetapi mereka harus digunakan sebagai upaya terakhir dan tidak dapat diandalkan. Barang-barang ini tidak boleh digunakan untuk menggantikan input kimia non-organik.

Kesulitan atau kegagalan panen yang terus-menerus menunjukkan bahwa ada masalah mendasar dalam sistem, oleh karena itu lebih baik untuk mengubah daripada melawan masalah yang sedang berlangsung. Dalam hal hama, penyakit, dan keanekaragaman hayati, petani organik harus mengambil pendekatan yang sama: mereka harus bekerja dengan alam daripada melawannya.

Apa keuntungan membeli produk dari pertanian skala kecil?

Kualitas makanan pertanian skala kecil adalah alasan utama untuk membelinya. Tanaman biasanya ditanam dan dirawat dengan tangan karena ukurannya lebih kecil, memungkinkan mereka untuk berkembang dan berkembang di lingkungan yang jauh lebih lembut. Petani juga dapat mencurahkan lebih banyak waktu dan perhatian untuk setiap panen, dan kami merasa Anda dapat mendeteksi cinta dan perhatian dalam hasil panen.

Selain itu, membeli sayuran organik dari petani skala kecil mendukung bisnis lokal yang dimiliki dan dioperasikan oleh keluarga. Sebuah perusahaan yang didedikasikan untuk melestarikan tradisi pertanian organik. Bagian penting dalam memastikan masa depan pertanian yang sehat dan jangka panjang.

Ketika Anda mempertimbangkan manfaat kesehatan yang jelas (tingkat vitamin dan mineral utama yang lebih tinggi, dan residu pestisida dan kimia yang lebih sedikit), serta dampak lingkungan yang berkurang (lebih sedikit limpasan bahan kimia di saluran air, peningkatan kualitas tanah, dan pengurangan polusi dari transportasi) , mudah untuk melihat mengapa membeli dari petani skala kecil selalu merupakan pilihan yang baik!

Jadi, apa yang membuat pertanian organik unik? Bukan penggunaan pestisida yang menjadi masalah; itu sumber pestisida. Pestisida organik adalah pestisida yang berasal dari sumber alami dan hanya diberi perlakuan ringan sebelum digunakan. Hal ini berbeda dengan pestisida sintetik yang sekarang digunakan dalam pertanian konvensional.

Selama bertahun-tahun, telah dianggap bahwa pestisida yang ditemukan secara alami (pada tumbuhan, misalnya) entah bagaimana lebih sehat untuk diri kita sendiri dan lingkungan daripada pestisida yang dikembangkan oleh manusia. Namun, karena lebih banyak penelitian tentang toksisitasnya dilakukan, hal ini tidak lagi terjadi. Banyak insektisida alami telah ditemukan memiliki masalah kesehatan yang substansial - atau bahkan fatal. 2

Dalam hal pertanian, Sustain, Aliansi untuk Pangan dan Pertanian yang Lebih Baik, menekankan pentingnya menyapih diri kita dari bahan bakar fosil dan peternakan hewan intensif. Pihak berwenang ingin terus mengikuti narasi perusahaan tentang teknologi tinggi, pertanian industri terpusat, dan daging sintetis untuk mengubah ekonomi dunia menjadi ekonomi rendah karbon.

Daging dari tanaman GM atau sel hewan keduanya merupakan sistem yang sangat diproses yang dapat memberikan kekayaan bagi CEO, pemegang saham, dan dana pensiun, tetapi mereka belum menyediakan makanan bergizi! Sangat disukai bahwa daging diproduksi oleh petani 'nyata' independen yang mematuhi standar kesejahteraan hewan yang tinggi, dan kita harus berhenti mengimpor daging dari seluruh dunia dan mengonsumsi hewan yang diberi makan di padang rumput kita sendiri, seperti yang dijelaskan oleh The Sustainable Food Trust.

Pasar untuk Makanan Organik

Sangat penting, seperti halnya usaha perusahaan mana pun, untuk memiliki pasar yang kuat untuk barang-barang Anda. Meskipun ada permintaan yang cukup besar untuk produk organik, pasarnya masih kecil, sehingga mudah untuk memiliki tanaman tertentu yang melimpah. Oleh karena itu, sebelum meluncurkan bisnis pertanian organik, riset pasar yang signifikan sangat penting. Jika Anda seorang petani organik kecil hingga menengah, menjual langsung ke publik melalui pasar petani, toko pertanian, dan pengiriman ke rumah adalah ide yang bagus karena Anda akan mendapatkan harga yang lebih baik untuk makanan Anda.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk memberi nama dan logo pertanian atau bisnis Anda sehingga produk Anda memiliki identitas yang berbeda di pasar. Jangan pernah meremehkan kekuatan pemasaran, dan manfaatkan sebaik-baiknya dengan mempromosikan fakta bahwa Anda menjual produk bersih dan hijau asli yang dibuat menggunakan metode alami dan mengikuti serangkaian pedoman yang ketat.