PELAKSANAAN KONSELING PADA ANAK JALANAN

Authors

  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang
  • Ramtia Darma Putri Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v2i1.3043

Abstract

Abstrak

 

Anak jalanan merupakan seseorang yang dilahirkan dari keluarga yang kurang beruntung. Anak jalanan selalu menjadi hal yang negatif di mata masyarakat, hal ini terjadi karena perilaku mereka yang selalu membuat resah masyarakat. Perilaku tersebut diantaranya adalah mencopet, meminta-minta, ngamen dan masih banyak lagi. Permasalahan ini perlu adanya penaganan yang baik, diantaranya adalah pendampingan dengan cara pelayanan konseling bagi mereka. Pelayanan konseling ini diharapkan akan mengatasi masalah sosial yang menimpa mereka. Dengan adanya pelayanan konseling maka anak jalanan ini menjadi sadar akan pentingnya Pendidikan, kesehatan serta dapat menyalurkan mereka kepada instansi pemerinta terkait.

 

Kata Kunci: Pelayanan Konseling, Anak Jalanan

 

Abstract

 

Street children are someone who is born of a disadvantaged family. Street children are always a negative thing in the eyes of society, this happens because of their behavior that always makes people nervous. These behaviors include pickpocketing, begging, singing and much more. This problem needs good handling, including assistance with counseling services for them. This counseling service is expected to overcome the social problems that befall them. With the existence of counseling services, these street children become aware of the importance of education, health and can channel them to relevant government agencies.

 

Keyword: Counseling Services, Street Children

References

Hidayatun, 2017.Begini Bahayanya Kalau Sudah Kecanduan, Mencuri PunDilakukan Agar Bisa Beli Lem.Tribunsumsel.com.Diakses pada 27 November 2018. Tersedia [Online] http://sumsel.tribunnews.com/2017/03/15/begini-bahayanya-kalau-sudah-kecanduan-mencuri-pun-dilakukan-agar-bisa-beli-lem.

Iswahyudi. 2017. Rokok, Kenakalan Remaja Terbesar di Palembang Angkanya Memprihatinkan, Tribunsumsel.com. Diakses pada 27 November 2018. Tersedia [Online] http://sumsel.tribunnews.com/2017/10/12/rokok-kenalakan-remaja-terbesar-di-palembang-angkanya-memprihatinkan.

Perdana.2018. Wakil Bupati Banyuasin Kaji Larangan Peredaran Lem Aibon karena Banyak Disalahgunakan.Tribunsumsel.com.Diakses pada 27 November 2018. Tersedia [Online] http://sumsel.tribunnews.com/2018/12/14/wakil-bupati-banyuasin-kaji-larangan-peredaran-lem-aibon-karena-banyak-disalahgunakan.

Prayitno. 2013. Konseling Integritas. Padang: FIP UNP.

Downloads

Published

2019-04-28