Potensi Dan Karakteristik Limbah Padat Fly Ash Dan Bottom Ash Hasil Pembakaran Batubara PT. Bakti Nugraha Yuda Energy Terhadap Kuat Tekan Paving Block

Authors

  • Enda Kartika Sari Universitas Baturaja
  • Yuliantini Eka Putri Universitas Baturaja
  • Lindawati Lindawati Universitas Baturaja
  • Ferry Desromi Universitas Baturaja
  • Revianty Nurmeyliandari Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v8i1.11302

Abstract

PT. Bakti Nugraha Yuda Energy memiliki pembangkit tenaga uap dengan menggunakan batubara sebagai bahan bakar utama. Limbah Hasil Pembakaran Batubara (LHPB) terus bertambah tetapi terbatas penyimpanannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi potensi dan karakteristik limbah hasil pembakaran batubara yang dihasilkan dan potensinya untuk paving block. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui kadar penggunaan fly ash dan bottom ash yang optimal untuk paving block dan karakteristiknya. Metode yang dilakukan berupa survey langsung. Data yangdari pengujian langsung di laboratorium terhadap kuat tekan paving block pada  campuran fly ash dan bottom ash. Data sekunder berupa data karakteristik fly ash dan botom ash dan literatur lainnya. Dari pengujian, kuat tekan tertinggi pada paving block pada subtitusi fly ash dan bottom ash 30 % sebesar 105.38 MPa. Peningkatan kuat tekan terjadi akibat kandungan silika yang tinggi yang terdapat pada fly ash dan bottom ash. Karakteristik batubara di PLTU  PT. Bakti Nugraha Yuda Energy adalah silika dan besi sebagai unsur kandungan utama, dan usur lainnya yaitu aluminium, kalsium, titanium dan kalium. Fly ash dan bottom ash memiliki kandungan mineral yang tinggi yaitu didominasi oleh phasa quartz 61,8% dengan struktur kristal trigonal (hexagonal axes).

References

AAziz, Abdul. Pengaruh Ph Dan Tegangan Listrik dalam Elektrolisis Limbah Padat Baja (Slag Eaf) Sebagai UpayaMereduksi Kandungan Logam Fe pada Limbah Padat Industri Galvanis. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo, 2015.

Harijono, D. Fly ash dan Pemanfaatannya. Seminar Nasional Batubara. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2016.

Harris, dkk. Studi Pemanfaatan Limbah Padat dari Perkebunan Kelapa Sawit pada PLTU 6 MW di Bangka Belitung. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), 2013.

Mufrodi, Z. Modifikasi Limbah Abu Terbang sebagai Material Baru Adsorben. Yogyakarta: Universitas Pendidikan Negeri Yogyakarta, 2015

Pusat Penelitian Lingkungan Hidup. Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan PLTU Batubara 2x30 MW PT Makmur Sejahtera Wisesa. Lembaga Penelitian Universitas Lambung Mangkurat, 2007.

Samijo. Pembuatan Paving Block Dengan Menggunakan Limbah Abu Boiler PKS Gunung Bayu Sebagai Bahan Pengisi Dengan Perekat Alternatif Limbah Fly ash PLTU Sibolga. Medan: Universitas Sumatera Utara, 2016.

Soeswanto, Bambang. Pengaruh Parameter Proses Pada Pemungutan Kembali Silika Dari Abu Batubara. 2011. Tesis, S-2 Pada Program Studi Teknik Kimia, Universitas Diponegoro Semarang, 2011.

Taufik, Muhammad, dkk. Laporan Praktek Kerja Lapangan Pembangkit Listrik (Pltu) PT. Semen Tonasa. Makassar: Politeknik Negeri Ujung Pandang, 2014

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Kartika Sari, E., Putri, Y. E., Lindawati, L., Desromi, F., & Nurmeyliandari, R. (2023). Potensi Dan Karakteristik Limbah Padat Fly Ash Dan Bottom Ash Hasil Pembakaran Batubara PT. Bakti Nugraha Yuda Energy Terhadap Kuat Tekan Paving Block. Jurnal Deformasi, 8(1), 23–30. https://doi.org/10.31851/deformasi.v8i1.11302