Analisis Pengaruh E-Tilang Terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Simpang Empat Air Paoh Baturaja Kabupaten OKU

Authors

  • Lindawati Lindawati Universitas Baturaja
  • Dwi Andriyani Universitas Baturaja
  • Yuli Ermawati Universitas Baturaja

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v8i1.11487

Keywords:

Kinerja Lalu Lintas, E-Tilang, Transportasi

Abstract

Lalu lintas merupakan salah satu sarana masyarakat yang memegang peranan penting dalam memperlancar berbagai macam kegiatan dan aktivitas. Untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas maka diterapkan sistem E-Tilang dapat meminimalisir angka kecelakaan dalam berlalu lintas. Tujuan penelitian  ini adalah mengetahui kinerja lalu lintas pada simpang empat air paoh Baturaja kabupaten oku berdasarkan survei lapangan menggunakan data LHR. Standar yang digunakan dalam penelitian adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Sedangkan sistem pengolahan data mengunakan Microsoft Excel 2007 untuk memasukkan data lalu lintas harian rata-rata. Berdasarkan hasil data dari kedua penelitian tersebut, perbandingan antara data sebelum 5690,6 smp/jam dan setelah 4251,2 smp/jam pemasangan sistem E-Tilang pada kinerja ruas jalan Simpang Empat Air Paoh ternyata belum memberikan pengaruh yang signifikan pada volume arus kendaraan. Dengan tingkat pelayanan jalan didominasi kategori C yang berarti, kondisi arus lalu lintas stabil, tetapi gerak kendaraan dipengaruhi oleh volume lalu lintas, sehingga pengemudi hanya dapat memilih kecepatan 15 – 20 km/jam.

References

Anton Susanto, dkk. 2014. Analisis Kinerja Lalu Lintas Jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta. Jurnal Karya Teknik Sipil. 3(2): 456-464. http://ejournal-sl.undip.ac.id/index.php/jkts

Departemen Pekerjaan Umum, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta : Ditjen Bina Marga.

Dhyani Ciptaning Asmara, dkk. 2014. Kinerja dan Rancangan Pemecahan Masalah Lalu Lintas Bagian Barat Utara Kota Semarang. Jurnal Karya Teknik Sipil. 3(2): 415-426. http://ejournal-sl.undip.ac.id/index.php/jkts

Fadhil, Muamar. 2021. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang 4 Air Paoh, Kec. Baturaja Timur, Kabupaten OKU). Skripsi. Baturaja. Universitas Baturaja.

Gendoet Indarto Wibisono, dkk. 2019. Analisis Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) Dalam Menghindari Kecelakaan. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik. 5(3): 359-366. http://library.itl.ac.id/jurnal

Hidayati, Nurul. 2018. Sistem Transportasi Dan Rekayasa Lalu Lintas. Surakarta : MUP.

Hobbs, F.D. 2020. Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas. Sleman : Erlangga.

Kriswanto. 2019. Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Simpang Empat Ciledug Raya Kecamatan Ciledug Kota Tangerang Provinsi Banten. Skripsi. Baturaja. Universitas Baturaja.

Suryo, Leksmono. 2016. Rekayasa Lalu Lintas Edisi 3. Solo : Indeks Jakarta.

Syafey, Ilham. 2022. Buku kinerja Dan Kemacetan Lalu lintas Pada Area Bukaan Median U-Turn. Yogyakarta : Deepublish.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Lindawati, L., Andriyani, D., & Ermawati, Y. (2023). Analisis Pengaruh E-Tilang Terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Simpang Empat Air Paoh Baturaja Kabupaten OKU. Jurnal Deformasi, 8(1), 69–82. https://doi.org/10.31851/deformasi.v8i1.11487