Analisa Tarikan Pergerakan Lalu Lintas Sebelum Dan Sesudah Pembangunan Underpass Simpang Patal Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/deformasi.v2i1.1202Keywords:
Kapasitas Jalan, Volume Kendaraan, Tingkat Pelayanan JalanAbstract
Proyek pembangunan Underpass adalah suatu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi kepadatan kendaraan pada suatu titik akibat adanya pertemuan empat arah ruas jalan yang berbeda. Oleh karena itu salah satu solusinya yaitu dengan membangun underpass sebagai upaya yang bisa mengurangi kepadatan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Berkaitan dengan kemacetan lalu lintas pemerintah harus peka dalam menindaklanjuti masalah kemacetan lalu lintas, diantaranya dengan cara menghitung jumlah lalu lintas harian rata-rata (LHR) yang melintasi kawasan pembangunan Underpass. Sehingga bisa digunakan untuk melakukan penambahan volume jalan akan menampung kendaraan yang melintasi kawasan tersebut. Jadi dalam penelitian ini penulis akan menganalisa dan menjelaskan bagaimana dampak proyek pembangunan Underpass terhadap kemacetan lalu lintas. Hasil penelitian ini akan didukung dengan data hasil perbandingan jumlah volume kendaraan sebelum dan sesudah dibangun Underpass.
References
Nanang, Muhammad. 2004. “Traffic Assesment Terhadap Pembangunan Jalan Tol di Perkotaan”.
Abubakar, Iskandar dkk. 1999. Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta: Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota Direktorat Jendral Perhubungan Darat.
Soeharto, Iman, Ir. 1995. “Manajemen Proyek“. Penerbit Erlangga.
Hendarsin, Shirley Liliawaty Tjahjono. 2000. “Perencanaan Teknik Jalan Raya“. Bandung : Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung
K. Morlok, Edward. 1984. “Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi“. Penerbit Erlangga.
L. Hendarson Shirly 2000, Perencanaan Teknik Jalan Raya, Penerbit Politeknik Negeri Bandung Jurusan Teknik Bandung.
Hen Hendarson Shirly, 2000 Perencanaan Jalan Raya, Direktorat Jendral Bina Marga, Espran, 1963. Perencanaan Jalan Raya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 JURNAL DEFORMASI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.