METODE PENGATURAN DAN ANALISA PARKIR DI PUSAT PERBELANJAAN DIKA SHOPPING CENTER PALEMBANG

Authors

  • Ramadhani Ramadhani
  • Heryadi Heryadi

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v2i1.1203

Abstract

ABSTRACT

Fasilitas terminal merupakan bagian sarana transportasi yang tidak dapat dipisahkan dari lalu lintas kota dan transportasi yang tidak dapat dipisahkan dari lalu lintas kota dan transportasi darat, lalu lintas selalu berjalan menuju suatu tempat. Pada umumnya kenaikan jumlah kendaraan akan menimbulkan peningkatan permintaan parkir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik parkiran, memprediksi kebutuhan lahan parkir, serta menentukan tempat lokasi parkir di pusat perbelanjaan Dika Shopping Center Palembang. Metode yang digunakan ialah dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder, data sekunder memberikan gambaran dilapangan dan sekaligus dipakai sebagai pedoman terutama dalam penentuan hasil survei lapangan sedangkan data sekunder meliputi semua pencatatan waktu kedatangan mobil  dan waktu keluar kendaraan.

Hasil dari penelitian ini ialah kondisi parkiran kurang menguntungkan bila dilihat dari durasi parkir dan Parking Turn Over, puncak kendaraan terjadi pada hari sabtu dan minggu, kondisi tempat parkir yang ada di basement kurang efisien. Dengan pengaturan dan pengelolaan lahan parkir maka dapat terjadi peningkatan pendapatan dengan menghitung kendaraan yang ada terhadap analisa yang dilakukan.


Kata Kunci : Metode, Pengaturan, Analisa, Parkir,

Downloads

Published

2017-08-30

How to Cite

Ramadhani, R., & Heryadi, H. (2017). METODE PENGATURAN DAN ANALISA PARKIR DI PUSAT PERBELANJAAN DIKA SHOPPING CENTER PALEMBANG. Jurnal Deformasi, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.31851/deformasi.v2i1.1203