Analisis Perlintasan Jalan Lintas Sumatera Selatan Dengan Rel Kereta Api Di Gelumbang Terhadap Karakteristik Lalu Lintas

Authors

  • yoga_2023 Universitas Bina Darma Palembang
  • Farlin Sosyad Universitas Bina Darma Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v9i1.13147

Keywords:

Perlintasan Jalan, Tundaan dan Antrian, Lalulintas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara volume, kecepatan, dan kerapatan lalu lintas pada ruas jalan yang di pengaruhi perlintasan kereta api di Gelumbang, serta untuk mengetahui nilai tundaan dan antrian yang terjadi pada saat pintu perlintas tertutup dengan metode gelombang kejut. Metode yang digunakan adalah metode survei lapangan, survei dilakukan selama 7 hari, yaitu hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu pada jam-jam sibuk seperti pagi hari yang dimulai pada (pukul 07.00 wib s/d 09.00 wib), pada siang hari (pukul 12.00 wib s/d 14.00 wib), pada sore hari dilakukan pada (pukul 16.00 wib s/d 18.00 wib).  Dalam analisis ini digunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dan metode Greenshields. Dari hasil dari perhitungan yang dilakukan diketahui bahwa pada lokasi Jalan Tanpa Hambatan pengemudi dapat memilih kecepatannya namun ketika memasuki lokasi Jalan ada Hambatan kecepatan akan menurun karena adanya hambatan lalu lintas dan rambu-rambu bahwasannya pengemudi memasuki pelintasan sebidang jalan dengan rel kereta api. Pada lokasi jalan tanpa hambatan nilai  kecepatan arus bebas Ūf 38.01 km/jam, nilai kerapatan Kj 249.71 dan volume maksimum 4746.28 skr/jam,sedangkan pada lokasi jalan ada hambatan nilai kecepatan arus bebas Ūf 26.54 km/jam, nilai kerapatan Kj 342.92 dan volume maksimum 4551.69 skr/jam.Kondisi antrian dan tundaan maksimum terjadi pada periode 16.34.00- 16.35.56, dimana menghasilkan waktu pelepasan ta = 1.13 detik, waktu pemulihan tb = 2.27 detik, panjang antrian maksimum = 0,008 Km, jumlah kendaraan antrian N = 2.84 skr/jam, serta rata-rata tundaan sebesar 60.84 detik

References

Aghastya, A., Astuti, S. W., Rachman, N. F., & Adi, W. T. (2021). Sosialisasi di Perlintasan Sebidang sebagai Upaya Meningkatkan Disiplin Pengguna Jalan. Madiun Spoor: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Direktorat Jenderal Bina Marga (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI), Jakarta,

Farouq, U. (2018). Studi Pengaruh Perlintasan Sebidang Jalan Dengan Rel Kereta Api Terhadap Karakteristik Lalu Lintas (Studi Kasus: Perlintasan Kereta Api Jalan Bung Tomo Surabaya) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945).

Herianto, D., & Siregar, A. M. R. (2021). Analisis Solusi Kemacetan pada Simpang Sebidang Kereta Api Jalan Urip Sumoharjo. Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain (JRSDD), 9(3), 491-502.

Mahyar, D. P., Aktorina, W., Indarto, H., & Basuki, K. H. (2017). Desain fly over pada perlintasan sebidang jalan kereta api di jalan Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Karya Teknik Sipil, 6(1), 275-281.

Resmadi, I. (2014). Kajian moralitas teknologi pintu perlintasan kereta api (Studi kasus: Pintu perlintasan kereta api Cikudapateuh Bandung). Jurnal Sosioteknologi, 13(2), 84-90.

Sumarsono, A., Mahmudah, A. M., & Noviyanti, I. (2017). Studi Gelombang Kejut Pada Persimpangan Jalan Dan Jalan Rel Dengan Menggunakan Emp Atas Dasar Analisa Headway (Studi Kasus Perlintasan Kereta Purwosari Jl. Slamet Riyadi Surakarta). Matriks Teknik Sipil, 5(4).

Timpal, G. S., Sendow, T. K., & Rumayar, A. L. (2018). Analisa Kapasitas Berdasarkan Pemodelan Greenshield, Greenberg dan Underwood dan Analisa Kinerja Jalan pada Ruas Jalan Sam Ratulangi Manado. Jurnal Sipil Statik, 6(8).

Willyanto, W., Rumayar, A. L., & Longdong, J. (2019). Analisa Tundaan Akibat Aktivitas Sisi Jalan (Studi Kasus: Jln. Sam Ratulangi, Kota Manado). Jurnal Sipil Statik, 7(9).

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

yoga_2023, & Sosyad, F. (2024). Analisis Perlintasan Jalan Lintas Sumatera Selatan Dengan Rel Kereta Api Di Gelumbang Terhadap Karakteristik Lalu Lintas. Jurnal Deformasi, 9(1), 8–18. https://doi.org/10.31851/deformasi.v9i1.13147