Analisa Pengendalian Waktu Pekerjaan Arsitektur Pembangunan Lab Terbuka Dengan Metode Fast Track Pada Aplikasi Microsoft Project

Authors

  • Swaraswati Kemala Dewi Universitas Negeri Jakarta
  • Lenggogeni Universitas Negeri Jakarta
  • Rezi Berliana Yasinta Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v8i2.13406

Abstract

Dalam menyelesaikan suatu proyek untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien, diperlukan sistem manajemen yang baik. Untuk menerapkan sistem manajemen yang baik, diperlukan berbagai metode sesuai jenis bangunan yang diselesaikan. Pembuatan penjadwalan sangat diperlukan untuk mengontrol, menjalankan dan mengevaluasi setiap pekerjaan berdasarkan urutan dan waktu pekerjaan yang telah direncanakan sebelumnya. Penyimpangan terjadi jika proses pelaksanaan tidak sesuai dengan perencanaan awal. Hal tersebut harus segera diatasi agar kembali sesuai dengan perencanaan sehingga proyek tidak mengalami keterlambatan penyelesaian proyek. Proyek Pembangunan Gedung Labolatrium Terbuka pada Proyek Pertamina diterapkan Metode Fast Track pada pekerjaan arsitektur. Metode Fast Track adalah metode pengendalian proyek yang kreatif dan inovatif untuk mempercepat waktu penyelesaian proyek tanpa menambah biaya. Metode ini merupakan metode yang bertujuan untuk mempercepat suatu kegiatan konstruksi, sehingga waktu pelaksanaan yang mengalami keterlambatan kerja dapat kita atasi ssat pekerjaan proyek berlangsung

References

Abrar, A., Aziz, A., & Fitra, F. (2022). Analisis Pengendalian Waktu Pekerjaan Finishing Pembangunan Masjid Muslimin Dumai metode Fast Track menggunakan applikasi Microsoft Project. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 17(1), 81-00

Ahyari, A. (1987). Manajemen Produksi Pengendalian Produksi Buku 1. BPFE Yogyakarta.

Aisiyah, L. (2020). Penerapan Metode Fast Track Untuk Percepatan Penjadwalan. Student Journal Gelagar, 2(2), 224-230.

Basuki, C. N. (2017). Analisis Percepatan Waktu Pada Pelaksanaan Pembangunan Gedung Graha Mojokerto Service City Dengan Metode Fast-Track (Doctoral dissertation, ITN malang).

Chendra, F., & Chandra, H. P. (2014). Model Faktor-Faktor Penyebab dan Dampak Keterlambatan Proyek Konstruksi di Surabaya. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil, 3(1).

Danil, R. (2020). Peningkatan Kinerja Waktu Dan Biaya Dengan Integrasi Metode Penjadwalan Dan Building Information Modeling (Bim) Pada Pekerjaan Struktur Pracetak Bangunan Gedung. Jurnal Menara, 18(2), 68-90.

Dharmayanti, G. A. P. C., Putera, I. G. A. A., & Prasetya, M. Y. (2021). Penerapan Metode Fast Tract Pada Proyek Unit Layanan Kanker Terpadu RSUD Bali Mandara. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Udayana.

Hassan, H., Mangare, J. B., & Pratasis, P. A. (2016). Faktor Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Konstruksi Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus: Di Manado Town Square III). Jurnal Sipil Statik, 4(11).

Jonathan, R., & Anondho, B. (2021). Perbandingan Perhitungan Volume Pekerjaan dak beton bertulang antara metode BIM dengan Konvensional. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 271-280.

Mardhani, R. I., Ratnaningsih, A., & Arifin, S. (2022). Perencanaan Ulang Anggaran Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Gedung Perkuliahan Dengan Menggunakan Metode Bim. Rekayasa Sipil, 16(2), 87-94.

Nurhayati. (2010). Manajemen Proyek. Graha Ilmu

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Dewi, S. K., Lenggogeni, & Berliana Yasinta, R. (2023). Analisa Pengendalian Waktu Pekerjaan Arsitektur Pembangunan Lab Terbuka Dengan Metode Fast Track Pada Aplikasi Microsoft Project. Jurnal Deformasi, 8(2), 111–117. https://doi.org/10.31851/deformasi.v8i2.13406