Pengaruh Tekanan Tiup Angin Maksimum Pada Rangka Kuda-Kuda Baja Ringan Dengan Penampang Kanal Tunggal

Authors

  • Teddy Irawan Universitas Palembang
  • Adji Sutama Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v8i2.13603

Abstract

Dalam pengembangan dan perancangan struktur bangunan khususnya pada konstruksi atap, pengaruh tekanan tiup angin merupakan aspek kritis yang memerlukan perhatian khusus. Tekanan tiup angin dapat memberikan dampak signifikan terhadap kinerja rangka kuda-kuda baja ringan yang merupakan elemen struktural utama dalam konstruksi atap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kapasitas rangka kuda-kuda baja ringan dengan penampang kanal tunggal dalam menahan tekanan tiup angin maksimum. Tipe rangka kuda-kuda fink dengan panjang bentang 800 cm dipilih sebagai objek penelitian. Profil penampang baja ringan yang digunakan adalah kanal tunggal C150.50.20 dengan mutu sebesar 550 MPa. Proses penelitian mencakup pemodelan struktur rangka kuda-kuda, pemberian nilai tekanan tiup angin dalam tiga pemodelan berbeda (pemodelan pertama 0 kg/m2, pemodelan kedua 40 kg/m2, dan pemodelan ketiga 4000 kg/m2), serta analisis respon struktural menggunakan perangkat lunak SAP2000 versi 14. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kenaikan rasio tegangan yang terjadi akibat semakin besarnya tekanan tiup angin. Tekanan tiup angin maksimum yang dapat di tahan oleh rangka kuda-kuda baja ringan tersebut kurang dari 4000 kg/m2 pada pemodelan ketiga, dengan beban angin tekan 960 kg/m dan beban angin hisap 1920 kg/m. Meskipun demikian, dalam pemodelan tersebut didapatkan salah satu nilai rasio tegangan yang terjadi sudah melebihi dari 1, menunjukkan kondisi yang tidak aman

References

Daud, A. (2022) Studi Kasus: Pengaruh Angin pada Rangka Atap Baja Ringan. Available at: https://agusdaud.home.blog/2022/06/03/studi-kasus-pengaruh-angin-pada-rangka-atap-baja-ringan/ (Accessed: 19 November 2023).

Fitrah, R.A. and Herman, H. (2017) ‘Analisis Kekuatan Elemen Baja Ringan Penampang Kanal Ganda Pada Konstruksi Kuda-Kuda Bentang Panjang Dengan Konfigurasi Howe Slope Parallel Chord’, in Prosiding 4th Andalas Civil Engineering (ACE) Conference, pp. 637–644.

Mashudi, I.A., Santoso, E. and Nindyawati (2020) ‘Optimasi Bentuk Rangka Atap Struktur Kuda-Kuda Baja Canai Dingin’, Bangunan, 25(1), pp. 9–20. Available at: https://doi.org/10.17977/um071v25i12020p9-20.

Purwanto, H. (2017) ‘Analisis Efisiensi Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan’, Jurnal Deformasi, 2(1), pp. 26–36. Available at: https://doi.org/10.31851/deformasi.v2i1.2817.

Sutama, A. and Oemiati, N. (2022) ‘Studi Mikrostruktur Beton Ringan Geopolimer Dengan Scanning Electron Microscope (SEM) Dan X-Ray Diffraction (XRD)’, Jurnal Deformasi, 7(2), pp. 145–160. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31851/deformasi.v7i2.9387.

Syamsudin, S.F., Susanti, E. and Istiono, H. (2018) ‘Analisis Komparasi Perencanaan Struktur Rangka Atap Baja Ringan Untuk Rumah Tipe 180 Dengan Tipe Kuda-Kuda Yang Berbeda’, in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VI 2018 Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, pp. 383–388.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Irawan, T., & Sutama, A. (2023). Pengaruh Tekanan Tiup Angin Maksimum Pada Rangka Kuda-Kuda Baja Ringan Dengan Penampang Kanal Tunggal. Jurnal Deformasi, 8(2), 161–167. https://doi.org/10.31851/deformasi.v8i2.13603