ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH GYPSUM TERHADAP NILAI CBR TANAH DASAR DI RUAS JALAN BK 1 DESA TANJUNG BULAN KABUPATEN OKU TIMUR

Lindawati Lindawati, Enda Kartika Sari

Abstract


ABSTRAK
Tanah merupakan material yang selalu berhubungan dengan teknologi konstruksi sipil.Karena besarnya pengaruh tanah terhadap perencanaan seluruh konstruksi, maka tanah menjadi komponen yang sangat diperhatikan dalam perencanaan konstruksi. Dari berbagai jenis tanah tanah dasar adalah tanah yang paling banyak ditemukan masalah. Pada kenyataanya tanah dasar bersifat kurang menguntungkan secara teknis untuk mendukung suatu pekerjaan konstruksi. Maka dari itu, diperlukannya perbaikan tanah guna untuk meningkatkan daya dukung tanah, salah satunya adalah dengan stabilisasi perbaikan tanah secara kimiawi. Salah satu parameter yang dapat diketahui apakah tanah tersebut daya dukungnya baik atau tidak. Maka dilakukan pengujian stabilitas tanah dengan menambahkan limbah gypsum yang diolah menjadi serbuk sebagai bahan pencampur tanah. Hasil dari pengujian didapat nilai CBR (California Bearing Ratio) terbesar terjadi pada sampel
tanah yang dicampur dengan limbah gypsum sebanyak 5% ,10 % , 15 % , 20 %, terjadi kenaikan sebesar 7,26 pada titik 5 dengan kadar limbah gypsum 15 %. Kenaikan ini terjadi karena gypsum mengandung kalsium yang mengikat tanah bermateri organik terhadap dasar. Gypsum juga lebih menyerap banyak air sehingga membuat campuran limbah dan sampel tanah akan menjadi semakin keras dan kuat.
Kata kunci : Tanah Dasar, Limbah Gypsum. CBR (California Bearing Ratio)


Full Text:

PDF

References


Modul Praktek Mekanika Tanah I. 2017. Jurusan Teknik Sipil Universitas Baturaja

Suryono, S, Kazuto,N. 1980. Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi. Jakarta.

Sanglerat G, Olivari, G, Combou, B. 1987. Soal – soal Praktis Dalam Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi. Jakarta.

Santoso, B, Suprapto H, Suryadi, HS. 2011. Diktat Kuliah Dasar Mekanika Tanah. Gunadarma Jakarta

Ibnu,S. 2006, Studi Eksperimen Pengaruh Pencampuran Serbuk Batu Bara dan Serbuk Gipsum terhadap Kuat Dukung Tanah Lempung dengan Metode Meyerhof. Jurnal terpublikasi. Jogjakarta: Universitas Islam Indonesia Jogjakarta.

Vemmy, dkk, 2013, Pengaruh Penambahan Serbuk Gypsum Dengan Lamanya Waktu Pengeraman (curing) TerhadapKarakteristik Tanah Lempung Ekspansif di Bojonegoro, Jurnal Penelitian, Universitas Brawijaya Malang, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/2970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.