DESAIN MARKA JALAN DARI BETON DENGAN REPLACEMENT SYSTEM

Adiguna Adiguna

Abstract


ABSTRAK

Terjadinya benturan antara kendaraan mobil dan marka pengaman jalan dari beton mengakibatkan kendaraan menjadi rusak berak. Untuk itu perlu dilakukan penelitian khusus mengenai marka beton yang lebih aman bagi pengendara jalan manakala terjadi benturan. Desain marka beton yang aman bagi pengemudi dapat menggunakan bahan alternative diantaranya dengan memanfaatkan limbah bagus atau Styrofoam. Pengujian kuat tekan beton setelah berumur 28 hari diperoleh kuat tekan beton untuk beton normal sebesar 317,39
kg/cm2, pada beton dengan penambahan Styrofoam 10% terjadi penurunan sebesar 258,96 kg/cm2 dan penambahan Styrofoam 15% terjadi penurunan sebesar 222,49 kg/cm2 dan pada penambahan Styrofoam 20% mengalami penurunan yang cukup siknifikan sebanyak 140,58 kg/cm2. Maka disimpulkan bahwa beton yang dicampur Styrofoam mengalami penuruan signifikan dari desain awalnya. Ini menunjukkan bahwa marka beton yang didesain tersebut cukup mampu mengurangi beban benturan dari kendaraan. Selanjutnya marka beton yang telah rusak dapat diganti ulang atau replacement system.
Kata kunci : Marka, Beton, Styrofoam, Replacement System


Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik.1971. ”Peraturan Beton Bertulang Indonesia”.LPMB. Bandung

Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik.1976. ”Manual Pemeriksaan Bahan Jalan”.LPMB. Bandung

Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik.1991. ”Tata Cara Pembuatan Rencana Campuran Beton Normal”.LPMB. Bandung

http://id.wikipedia.org/wiki/Beton. (19 maret 2012)

http://eprints.undip.ac.id/34703/5/1704_CHAPTER_II.pdf (14 maret 2012)

http://www.ilmusipil.com/pengertian-beton-adalah. (14 maret 2012)

http://mualim.wordpress.com/2007/07/23/teknik-pembuatan-beton-1/. (14 maret 2012)

http://www.ftsl.itb.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/2.-Irma-Aswani-A.-dkk-Vol.16-No.2.pdf (19 maret 2012)

Mulyono, Tri.2003. ”Teknologi Beton”.Penerbit Andi.Jakarta

V, Sunggono KH.Ir. ”Buku Teknik Sipil”.Bandung: Nova.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/2973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.