EVALUASI KEKUATAN PERKERASAN SISI UDARA (RUNWAY, TAXIWAY DAN APPRON) BANDARA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PALEMBANG DENGAN METODE PERBANDINGAN ACN-PCN
DOI:
https://doi.org/10.31851/deformasi.v5i1.4232Keywords:
ACN, PCN, COMFA 3.0, Kekuatan PerkerasanAbstract
Pengembangan sisi udara bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang kini memiliki panjang runway 3.000 x 45 m. Fasilitas sisi udara merupakan fasilitas pergerakan pesawat. Fasilitas ini harus memenuhi kekuatan struktur untuk melayani pergerakan-pergerakan pesawat yang beroperasi sesuai dengan perencanaan.  Tujuan dari penyusunan tugas akhir ini adalah untuk mengevaluasi apakah perkerasan sisi udara di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang ini sudah memenuhi batas PCN yang dipersyaratkan atau belum. Analisa dilakukan dengan cara mengevaluasi kekuatan perkerasan sis iudara (runway,taxiway, dan Apron) eksisting menggunakan metode perbandingan ACN-PCN yang didapat dari pabrik pembuat pesawat, perhitungan manual dan Softwere COMFAA 3.0 Data yang digunakan adalah data pergerakan pesawat termasuk jumlah pergerakan pertahun dan tipe pesawat. Data kekuatan perkerasan sisi udara diperlukan untuk proses analisa. Hasil dari evaluasi menunjukan bahwa pada saat kondisi eksisting sisi udara yang berupa runway, taxiway, dan apron masih mampu melayani permintaan penerbangan dengan jenis pesawat Boeing 747-400ER yang memiliki nilai PCN 42 F/C/X/T untuk Apron dan PCN 43 F/C/X/T untuk Runway/Taxiway. Besar Nilai ACN Pesawat B747-400ER ini tidak mempengaruhi kekuatan structural karena frekuensipergerakanhanya 421 pergerakan per tahun, mengingat frekuensi penerbangan masih dibawah 10.000 pergerakanReferences
Arikunto, Suharsimi,1998, Amiwarti, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, dalam https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/deformasi/article/view/915/767
Basuki, H., (1986). Merancang dan Merencana LapanganTerbang. Alumni. Bandung.
Horonjeff, et al 2010. Planning and Design of Airports, fifth Edition, Mc. Graw-Hill Inc
Peraturan Dirtjen Perhub RI No. PM 81 Tahun 2017. Perubahan atas peraturan Menteri Perhubungan No PM 94 Tahun 2015 Tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 91 (Civil Aviation Safety Regulation Part 91) Tentang pengoperasian Pesawat Udara (General Operating and Flight Rules). September 2017
Sartono, Wardhani. Dkk. 2017. Bandar Udara Pengenalan dan Perancangan Geometrik Runway, Taxiway, dan Apron. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Seno, Triharso, H.R dan Ahyudanari E. 2015. Evaluasi Kekuatan Perkerasan Sisi Udara (Runway,Taxiway,dan Apron) Bandara Juanda dengan Metode Perbandingan ACN-PCN, Dalam Jurnal Teknik ITS Vol. 4, No. 1
Suharno, Hadi. 2015. Manajemen dan Perencanaan Bandar Udara, Ed 2,-2 Rajawali Pers, Jakarta.
Warsito, Djoko, dalam Purwanto, H (2019), https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/deformasi/article/view/2971/2795
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License  that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.