PENGARUH DAYA DUKUNG TANAH TERHADAP OPERASIONAL ALAT BERAT BUCKET WHEEL EXCAVATOR PADA PEKERJAAN BATUBARA DI PT. BUKIT ASAM Tbk TANJUNG ENIM

Authors

  • Yuliantini Eka Putri Universitas Baturaja
  • Enda Kartika Sari Universitas Baturaja

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v5i2.4965

Keywords:

Daya Dukung Tanah, BWE, DPT, DCP

Abstract

PT.Bukit  Asam  (persero)  Tbk.  merupakan  perusahaan  tambang  kelas dunia yang terintegrasi menjadi perusahaan energi yang berkelanjutan. Perusahaan menguasai  beberapa kuasa pertambangan dengan total sumber daya batu bara sebesar 7,29 milyar ton dan total cadangan batu bara yang dapat di tambang sebesar 1,99 milyar ton. Sehingga untuk meningkatkan produksi diperlukan alat penggali tambang seperti Bucket Wheel Excavator (BWE). Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh  daya dukung tanah terhadap operasional  Bucket Wheel Excavator di  PT.Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim dengan metode ASTM S 1586-58 T. Daya dukung tanah yang diperoleh dari uji kuat tekan tanah, dari hasil uji Dynamic Penetration Test (DPT) dengan hasil  6 titik harus di kompaksi yaitu di titik 3 dengan qc=179.34 kpa di kedalaman 0.9 meter, titik 4 dengan qc=194.29 kpa di kedalaman 1.1meter, titik 5 dengan qc=194.29 kpa di kedalaman  0.8 meter,  titik  7  dengan  qc=194.29  di  kedalaman  1meter,  titik  9 dengan qc=224.18 kpa di kedalaman 0.9 meter, dan titik 10 dengan qc=194.29 kpa di kedalaman 1.1meter. Setelah semua titik di kompaksi maka di uji lagi menggunakan alat Dutch Cone Penetrometer (DCP/sondir) dimana hasil  uji DCP di 6 titik yang dikompaksi menghasilkan nilai CBR > 6% sehingga ke 6 titik tersebut aman dan bisa di lalui Bucket Wheel Excavator

Author Biographies

Yuliantini Eka Putri, Universitas Baturaja

Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Enda Kartika Sari, Universitas Baturaja

Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

References

Bandanadjaja, B., & Achyarsyah, M. (2017). Perancangan Material Coran Baja Link Track untuk Bucket Wheel Excavator Batubara. Creative Research Journal, 1(01), 47-63.

Diana, W., Marianti, A., & Ernawati, I. (2015). Optimasi Kadar Aspal pada Stabilisasi Tanah Pasir Menggunakan Aspal dengan Uji CBR. Semesta Teknika, 14(2), 127-132.

Karno, K. (2020). Analisis Jumlah Gilasan Uji Kompaksi Plat Getar Pada Tanah Urug. Jurnal Student Teknik Sipil, 2(1), 92-98.

Lindawati, L., & Sari, E. K. (2019). Analisa Pengaruh Penambahan Limbah Gypsum Terhadap Nilai CBR Tanah Dasar di Ruas Jalan BK 1 Desa Tanjung Bulan Kabupaten OKU Timur. Jurnal Deformasi, 4(1), 12-19.

Ramandha, A., Kusmindari, D., & Hardini, S. (2020, October). Pelaksanaan Total Productive Maintenance Terhadap Kinerja Bucket Wheel Excavator Melalui Cause Effect Diagram (Studi Kasus pada PT Bukit Asam, Tbk). In Bina Darma Conference on Engineering Science (BDCES) (Vol. 2, No. 1, pp. 340-354).

Zakaria, Z. (2006). Daya Dukung Tanah Fondasi Dangkal. Bandung Laboratorium Geologi Teknik, Jurusan Geologi, FMIPA UNPAD

Downloads

Additional Files

Published

2020-12-27

How to Cite

Putri, Y. E., & Sari, E. K. (2020). PENGARUH DAYA DUKUNG TANAH TERHADAP OPERASIONAL ALAT BERAT BUCKET WHEEL EXCAVATOR PADA PEKERJAAN BATUBARA DI PT. BUKIT ASAM Tbk TANJUNG ENIM. Jurnal Deformasi, 5(2), 95–102. https://doi.org/10.31851/deformasi.v5i2.4965