Optimalisasi Wilayah Pengaliran Booster Kenten Dengan Perhitungan Headloss

Authors

  • Reni Andayani Universitas Tridinanti Palembang
  • Lega Reskita Lubis Universitas Tridinanti Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v6i1.5457

Keywords:

jaringan distribusi, kehilangan tinggi tekanan, booster Kenten

Abstract

ABSTRAK 

Kebutuhan sehari-hari air bersih sebagai air minum bagi makhluk hidup sangatlah penting, dan perlu suatu analisis jaringan perpipaan untuk mencukupinya. Analisis jaringan perpipaan sangat komplek dan perhitungannya harus akurat. Sistem jaringan distribusi untuk air minum tentunya penggunaan pipa adalah yang utama, dimana perlu diperhatikan faktor kehilangan tinggi tekanan (headloss). Dan perlu diperhatikan debit dan tekanan yang terjadi, karena semakin besar debit dan kehilangan tinggi tekanan pipa, maka akan berdampak pada distribusi air yang tidak lancar. Kehilangan suatu energi adalah faktor yang berpengaruh terhadap kapasitas pipa sebagai sarana distribusi air, karena debit aliran air akan berkurang. Kehilangan energi disebabkan oleh koefisien gesek pada pipa, perubahan penampang penampang yang ada pada pipa, dan belokan pipa di sepanjang pipa yang digunakan dan panjang pipa juga dapat mempengaruhi kehilangan energi pada pipa. Pada tahun 2019 untuk wilayah pengaliran Booster Kenten pada jaringan pipa distribusi air bersihnya mengalami kehilangan tinggi tekan (hgs), dan yang terbesar pada pipa blok 5 yaitu 1,82 atm, sementara pipa blok 12 yang terkecil yaitu 0,01 atm dengan kehilangan tinggi tekan rata-rata 0,33 atm

References

Andayani, R., Djohan, B., & Nurmansyah, N. (2017). Analisis Kehilangan Tinggi Tekan dan Kebutuhan Air Jaringan Distribusi Air Bersih di Perumnas Talang Kelapa Palembang. Bentang, 5(2), 101-109.

Anonim. Peraturan Menteri Kesehatan RI. No. 492 tahun 2010. Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Asdak. C. (2010), Hidrologi dan Pengolaan Daerah Aliran Air Sungai : Edisi Revisi Kelima. Yogyakarta : Gajah Mada Universitas Press Yogyakarta.

Ferdiansyah, H., (2017), Analisa Sistem Distribusi Air Bersih PDAM TirtaMusi Palembang Skripsi, Universitas Tridinanti Palembang.

Kodoatie, R J., (2002). Hidrolika Terapan Aliran Pada Saluran Terbuka dan Pipa. Yoyakarta : Andi.

Putri, Y. E. (2018). Analisa Sistem Distribusi Air Bersih PDAM Tirta Ogan di IKK (Unit) Tanjung Baru. Jurnal Deformasi, 2(2), 48-58.

______. Keputusan Mendagri No. 47 Tahun 1999. Pedoman Penilaian Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum.

______. Kriteria Perencanaan Dirjen Cipta Karya Dinas PU, 1996

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Andayani, R., & Lubis, L. R. (2021). Optimalisasi Wilayah Pengaliran Booster Kenten Dengan Perhitungan Headloss. Jurnal Deformasi, 6(1), 17–24. https://doi.org/10.31851/deformasi.v6i1.5457